headerphoto

Sensor-sensor kelembaban pada umumnya adalah piranti-piranti yang dibuat sendiri atau bukan produksi pabrikan. Sebuah sensor ketinggian air memiliki dua buah probe, masing-masingnya terbuat dari kawat tembaga tebal, dan probe-probe itu dipasang secara berdekatan pada sebuah dudukan.

arus_pada_probe_sensor_air
Dalam keadaan normal, tahanan diantara kedua kawat probe ini sedemikian tingginya sehingga praktis bersifat sebagaimana layaknya sebuah saklar yang membuka. Ketika kedua probe dicelupkan sebagian ke dalam air, konduksi listrik diantara keduanya terjadi dan tahanan yang sebelumnya sangat tinggi menjadi rendah. Arus akan mengalir, sebagaimana layaknya melewati sebuah saklar yang menutup.

papan_stripboard_sebagai_sensor_kelembaban
Jenis sensor kelembaban lainnya dapat dibuat dari potongan-potongan persegi papan stripboard (PCB bolong-bolong). Hubungkan strip-strip tembaga yang berada dipermukaan belakang PCB secara berselingan dengan menggunakan kawat-kawat, dan solderkanlah kawat-kawat tersebut. Jenis sensor ini sangat berguna untuk mendeteksi hujan atau percikan air.

Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar

No spam, no active link, please ^_^