headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

mikrofon_kapasitorSuara dapat dideteksi dengan menggunakan piranti mikrofon, seperti misalnya sebuah mikrofon kapasitor (condenser microphone). Kualitas suara dari sebuah mikrofon kapasitor sangat baik, namun tegangan yang dihasilkannya relatif kecil. Pada beberapa varian mikrofon kapasitor telah terpadu dengan sebuah rangkaian penguat, yang berguna untuk memperkuat sinyal tegangan outputnya.

rangkaian_mikrofon_kapasitor
Sebuah mikrofon kapasitor disambungkan ke dalam rangkaian sebagaimana diperlihatkan pada diagram di atas. Nilai resistor yang dibutuhkan dalam rangkaian ini bergantung pada tegangan catu yang diberikan. Biasanya sinyal yang dihasilkan mikrofon akan dilewatkan melalui sebuah kapasitor ke tahapan penguat berikutnya. Hal ini dikarenakan bahwa, tanpa kapasitor arus yang mengalir akan terlalu besar sehingga amplitudo sinyal tegangan menjadi sangat berkurang.

Mikrofon kristal (crystal microphone) mampu menghasilkan sinyal output tanpa membutuhkan catu daya. Seringkali sebuah mikrofon memiliki badan yang terbuat dari logam, yang ditujukan untuk melindunginya dari gangguan medan magnet eksternal. Badan mikrofon ini harus disambungkan ke salah satu terminal mikrofon. Untuk memanfaatkan efek perlindungan ini secara optimal, anda harus selalu menyambungkan terminal tersebut (yang tersambung dengan badan mikrofon) ke jalur catu 0 V.

rangkaian_mic_kristal
Terminal lainnya yang tidak tersambung ke badan mikrofon disambungkan ke tahapan penguat di dalam rangkaian, dengan perantaraan sebuah kapasitor. Alasan untuk hal ini adalah sama dengan yang dijelaskan sebelumnya untuk mikrofon kapasitor. Mikrofon kristal relatif lebih ekonomis, namun kualitas suaranya tidak terlalu baik.

Sensor_ultrasonikSensor ultrasonik adalah salah satu varian dari mikrofon kristal. Sensor ini dibuat sedemikian rupa agar secara spesifik sensitif terhadap suara-suara dengan frekuensi yang tinggi. Tipikalnya piranti ini dapat memberikan kinerja terbaik dengan suara-suara pada frekuensi 40 kHz.

Sensor-sensor ultrasonik dipergunakan di dalam sistem-sistem keamanan untuk mendeteksi pergerakan orang. Sensor-sensor ini juga dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan objek diam pada jarak yang relatif dekat. Aplikasi lain untuk sensor ini adalah pada perangkat-perangkat pengukur jarak, seperti misalnya electronic tape measures dan range finder.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir