headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

PCB_PRTPapan rangkaian tercetak atau PRT atau yang lebih dikenal dengan PCB (printed circuit board), diciptakan dengan tujuan memproduksi secara massal perangkat-perangkat elektronika. Gagasan dasarnya adalah bahwa sebuah papan rangkaian polos dapat dicetak dengan suatu lapisan film tembaga, yang selanjutnya berfungsi sebagai jalur-jalur sambungan listrik bagi komponen-komponen rangkaian.

Apabila layout induk rangkaian yang pertama kali dibuat adalah benar, seluruh PCB yang diproduksi berdasarkan layout itu juga akan benar. Hal berikutnya yang harus dilakukan hanyalah membuat lubang-lubang pada papan untuk kaki-kaki komponen, memasang komponen-komponen pada tempat yang direncanakan, dan menyolder kaki-kakinya.

komponen_elektronika_pada_PCB
Seluruh proses ini termasuk pemasangan sebagian besar komponen, dapat dilaksanakan secara otomatis oleh sebuah mesin. Sejumlah besar rangkaian elektronik dapat diproduksi dalam waktu yang lebih singkat dan dengan biaya yang lebih murah. Desain berbasis PCB sangat populer di kalangan para produsen perangkat elektronika, karena rancangan ini memungkinkan mereka memproduksi rangkaian-rangkaian dengan mudah dan cepat. Hanya tersisa sedikit kemungkinan terjadinya kesalahan.

Merancang dan membuat PCB anda sendiri akan membantu anda memahami teknik-teknik produksi yang digunakan di dalam industri elektronika. Hal ini juga akan memberikan gambaran kepada anda, mengenai pertimbangan-pertimbangan ekonomis yang mendasari berbagai teknik produksi dalam industri elektronika.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

3 komentar

  1. Dgn adanya ELEKTRONIKABERSAMA saya sangat merasa terbantu, karna saya dapat mempelajari elektronik lebih jauh. TRIMA KASIH Elektronikabersama.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, segala puji bagi Alloh.
    Terima kasih kembali kang dedek, dengan Elektronika Bersama mari kita sama-sama belajar elektronika :d:

    BalasHapus

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir