headerphoto

sensor_UGN3503Sensor medan magnet atau sensor efek hall dirancang untuk memberikan tanggapan terhadap intensitas medan magnet yang ada di sekitarnya. Sensor ini memiliki tiga buah terminal. Apabila tidak terdapat medan magnet di dekatnya, tegangan output yang dihasilkan piranti ini besarnya setengah dari tegangan catu daya.

Apabila kutub selatan sebuah magnet berada di dekat sensor, tegangan output akan naik. Besarnya kenaikan tegangan ini sebanding dengan kekuatan medan yang dihasilkan magnet tersebut. Apabila kutub utara sebuah magnet berada di dekat sensor, tegangan output akan jatuh.

Sensor UGN3503 adalah sensor efek hall yang paling umum dijumpai. Sensor tipe ini membutuhkan tegangan catu antara 4,5 hingga 6 V. Sensor ini dapat digunakan sebagai sebuah saklar, dengan sekedar menggerakkan sebuah magnet mendekati atau menjauhinya. Dibawah ini rangkaian dasar tegangan input/output sensor UGN3503.

rangkaian_sensor_efek_hall
Sensor UGN3503 memiliki keunggulan dalam hal kemampuannya mengubah status atau keadaan, secara jauh lebih cepat dari sensor-sensor mekanik, dan sensor ini juga membutuhkan gaya yang lebih kecil untuk pengoperasiannya. Sensor tersebut juga dapat beroperasi pada kecepatan tinggi (high speed switching), melakukan penyambungan dan pemutusan sebanyak ribuan kali dalam satu detik.

Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

1 komentar

No spam, no active link, please ^_^