headerphoto

Menambah sedikit materi tentang Belajar Dasar Catu Daya yang diposting kemarin, yaitu mengenai jenis trafo catu daya yang dipakai, bagaimana membuat catu daya dengan trafo ct dan tanpa ct.

Seperti kita ketahui, trafo atau transformator penurun tegangan (step down) yang banyak dijual di toko elektronik ada yang jenis ct dan tanpa ct. Trafo tanpa ct umumnya berukuran kecil dan memiliki kemampuan memberikan arus yang juga relatif kecil, misalnya 500 mA. Trafo dengan ct umumnya berukuran besar dan tentunya memiliki kemampuan memberikan arus yang juga relatif besar, misalnya 3 Ampere. Gambar di bawah ini merupakan contoh trafo step down tanpa ct 500 mA.

trafo-elektronika
Lalu bagaimana membuat catu daya dengan trafo ct dan tanpa ct seperti yang diuraikan di atas? Silahkan lihat dua buah gambar rangkaian catu daya 9VDC di bawah ini

1. Rangkaian Catu Daya dengan Trafo CT

dasar-catu-daya-dengan-ct
Kita lihat, tiga buah kawat output tegangan trafo (9V - CT - 9V) dihubungkan ke rangkaian penyearah, yang terdiri dari dua buah dioda (D1, D2) dan satu buah elco (C1). Penyearah menghasilkan output tegangan 9VDC.

2. Rangkaian Catu Daya dengan Trafo Tanpa CT

dasar-catu-daya-tanpa-ct
Kita lihat, dua buah kawat output tegangan trafo (9V - 0V) dihubungkan ke rangkaian penyearah, yang terdiri dari empat buah dioda (D1, D2, D3, D4 biasa disebut dengan Bridge Rectifier) dan satu buah elco (C1). Penyearah akan menghasilkan output tegangan 9VDC.

Adapun kebutuhan dioda pada kedua rangkaian catu daya di atas disesuaikan dengan trafo yang digunakan, misalnya trafo 500 mA diodanya juga harus 500 mA (IN4001), sedang kebutuhan elco cukup yang bernilai 1000 µF/16 V.
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

1 komentar

No spam, no active link, please ^_^