headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Sekering adalah alat pemutus rangkaian karena adanya pemakaian arus yang berlebihan. Terjadinya arus yang berlebihan dalam suatu rangkaian, bisa disebabkan karena faktor kenaikan beban atau adanya hubungan singkat. Sekring disebut sebagai alat pengaman, karena digunakan untuk melindungi perangkat dan manusia dari bahaya yang ditimbulkan oleh kerusakan listrik.

Beragam jenis sekering, seperti sekering kaca (glass fuse), sekering keramik (fuse bla), sekering suhu (thermal fuse), sekering cartridge dsb. Pada dasarnya, sebuah sekring berisi seutas kawat tipis yang terbuat dari bahan logam campuran khusus yang dapat meleleh pada suhu yang relatif rendah. Apabila arus yang mengalir melewati sekering terlalu besar, panas akan dihasilkan dengan sangat cepat. Kawat sekering akan menjadi begitu panas, sehingga meleleh dan mengakibatkan terputusnya rangkaian. Hal ini akan menghentikan pasokan arus listrik ke rangkaian.

sekring
Sebuah sekering akan putus apabila arus yang mengalir melewatinya melebihi spesifikasi rating yang ditetapkan untuk sekering tersebut. Sekering-sekering untuk listrik PLN memiliki rating-rating 3 A, 5 A, dan 13 A. Pilihlah selalu rating yang sesuai untuk perangkat yang akan dilindungi.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

4 komentar

  1. Narasi yang sangat membantu bagi saya.
    Terkait sekring.
    Apakah penulis ada mengetahui, jenis sensor yang dapat mempermudah seseorang mengetahui sebuah skring listrik putus?
    Sehingga pemilik rumah tidak perlu meng-kutak katik hal lain dari listrik tersebut, jika mengetahui melalui sensor, bahwa Skring yang telah putus.

    Regards
    http://wartalaba.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas pertanyaannya.
    Sekering mempunyai desain yang memungkinkan kita bisa melihat apabila sekering tersebut dalam keadaan putus, seperti pada gambar diatas, kawat dalam gelas akan putus atau tidak tersambung.
    Mengenai cara melacak sekering yang putus dalam suatu rangkaian, bisa kita pergunakan sebuah relay yang kontaknya terhubung dengan lampu atau alarm pada rangkaian yang lain.

    BalasHapus
  3. saya mau tanya,
    apa perbedaan sekering dengan MCB (breaker)?
    terkait pemasangan instalasi rumah tangga kenapa batasan arus sekering yang ada di dalam rumah kapasitasnya lebih besar di bandingkan MCB yang ada di luar(KWH meter)?
    kemudian kenapa harus pake sekering??
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  4. Perbedaan sekering dengan MCB, sekering pengamanan terhadap arus berlebih, sedangkan MCB pengamanan terhadap hubung singkat.
    Mengenai batasan ukuran sekering yang lebih besar daripada MCB di rumah, mungkin biar awet sekeringnya :h:
    Perumahan sekarang sudah jarang memakai sekering pada instalasi listriknya. Sebagai ganti sekering digunakan 2 atau 3 buah MCB.

    BalasHapus

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir