headerphoto

Rangkaian atau pasangan darlington dapat digunakan sebagai antarmuka sensor yang mampu meningkatkan sensitivitas input sensor. Sebuah pasangan darlington terdiri dari dua buah BJT (Bipolar Junction Transistor) yang disambungkan sebagaimana pada diagram berikut ini:

diagram_sambungan_darlington
Kita dapat menyambungkan dua buah BJT untuk membentuk pasangan darlington atau dapat membeli unit yang siap pakai. Tipe yang siap pakai terdiri dari dua buah transistor, yang ditempatkan di dalam satu kemasan tunggal dengan tiga kaki terminal.

Keunggulan pasangan darlington terletak pada gain yang dapat dihasilkan. Hal ini disebabkan karena arus emitor dari salah satu transistor dijadikan sebagai arus basis bagi transistor lainnya. Dengan mengansumsikan bahwa gain masing-masing transistor adalah 100, gain dari pasangan ini secara keseluruhan adalah 100 x 100, yang sama dengan 10.000. Transistor darlington dicantumkan dalam tabel data disini.

Dalam pengoperasiannya, terdapat jatuh tegangan sebesar 0,7 V diantara basis dan emitor dari kedua transistor. Hal ini menghasilkan tegangan basis-emitor total sebesar 1,4 V untuk pasangan darlington.

Dengan menggunakan pasangan darlington, dan bukannya hanya sebuah BJT tunggal, kita dapat memperoleh sensitivitas input yang jauh lebih besar untuk sebuah sistem.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar