headerphoto

Bila kita hendak membuat sebuah proyek elektronik (electronic project) yang didalam rangkaiannya terdapat satu atau beberapa komponen transistor, namun bingung menentukan kaki transistor-transistor tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya.

Cara menentukan kaki Basis, Emitter, dan Collector dari sebuah transistor, bisa kita bagi menjadi tiga, yaitu:

1. Tanyakan pada Penjual
Pada saat tipe transistor telah ditetapkan untuk kita gunakan, lalu kita berangkat ke toko elektronik untuk membelinya, maka jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan kaki-kaki transistor itu. Dengan senang hati penjual akan memberi tahu, lalu kita gambar atau mencatatnya, untuk mengingatkan.

2. Melihat Data Sheet atau Buku Katalog
Kita telah membeli transistor, atau kita telah memilikinya, namun kita belum bisa menentukan yang mana Basis, Emitter, dan Collector. Maka untuk menentukan kaki-kaki transistor bisa lihat di data sheet, buku katalog, atau beberapa sumber yang menginformasikan data-data tipe dan kemasan transistor (seperti tabel data transistor sinyal kecil atau klik disini, dan tabel data transistor daya atau klik disini). Setelah kita peroleh, jangan lupa untuk menggambarnya kembali, untuk mengingatkan.

3. Menggunakan AVO meter atau Multimeter
Selain untuk keperluan mengukur arus, tegangan, dan tahanan listrik, sebuah AVO meter atau multimeter dapat kita gunakan untuk menentukan kaki-kaki transistor. (Pembahasan lengkapnya akan saya tulis pada artikel berikutnya, insya Alloh)

Artikel sudah saya terbitkan, silahkan baca:
# Menentukan Kaki dan Jenis Transistor dengan Multitester Digital
# Menentukan Kaki dan Jenis Transistor dengan AVO meter Analog atau Jarum

Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar

No spam, no active link, please ^_^