headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Rangkaian saklar dalam percobaan rangkaian otomatis lampu jalan (transistor saklar relay) pada artikel yang pernah ditulis sebelumnya, merupakan sebuah sistem tiga tahap, digambarkan oleh diagram berikut ini

diagram_sistem_3_tahap
timbangan_elektronikBeberapa sistem lainnya memiliki pola semacam ini. Timbangan dapur elektronik merupakan contoh sebuah sistem sederhana. Alat ini terdiri dari: sebuah sensor gaya, sebuah mikrokontroler untuk menerima sinyal dan menghasilkan sinyal-sinyal yang akan dikirimkan ketampilan, dan sebuah display atau tampilan. Berikut ini adalah diagram sistem untuk timbangan elektronik tersebut

diagram_sistem_timbangan_elektronik
Sistem ini memiliki tiga bagian, sebagaimana layaknya sistem rangkaian saklar otomatis lampu jalan. Dalam diagram diatas, kita menamai bagian-bagian sistem sebagai sensor gaya, mikrokontroler, dan tampilan. Kita dapat memahami sistem ini tanpa harus mengetahui apa pun mengenai sensor gaya, mikrokontroler atau tampilan. Kita mengetahui apa fungsi tiap-tiap bagian, meskipun kita tidak mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Diagram diatas juga mencantumkan nama-nama untuk ketiga bagian sistem dalam konteks yang lebih umum, yaitu input, pemrosesan, dan output. Kita dapat menggunakan nama-nama ini pada berbagai sistem lainnya. LDR memberikan input, saklar transistor melakukan pemrosesan (pengolahan), dan lampu mengindikasikan output yang dihasilkan.

Ingatlah bahwa anak panah yang ada didalam diagram sistem tidak merepresentasikan kawat-kawat yang membawa arus listrik. Akan tetapi, simbol-simbol ini menggambarkan sebuah aliran informasi di dalam sistem. Pada tiap tahapan dalam sistem timbangan di atas, informasi direpresentasikan oleh gaya, tegangan atau arus, dan akhirnya pada tahapan output, oleh angka-angka yang muncul pada tampilan.

Pintu-pintu geser otomatis yang ada di pusat-pusat perbelanjaan seperti mal atau supermarket, bekerja membuka dan menutup dengan digerakkan oleh sebuah sistem yang memiliki struktur yang sama. Diagram sistem untuk penggerak pintu tersebut adalah:

diagram_sistem_penggerak_pintu_otomatis
Sebagaimana pada sistem-sistem sebelumnya, terdapat sebuah aliran informasi di dalam sistem. Untuk kasus penggerak pintu ini, informasi tersebut adalah orang A datang mendekati pintu. Sensor akan mendeteksi pola-pola gelombang mikro yang terpantul dan menerimanya sebagai representasi dari informasi diatas. Informasi ini kemudian dikonversikan menjadi sinyal-sinyal listrik. Akhirnya sistem memberikan tanggapan terhadap informasi tersebut dengan mengaktifkan motor penggerak pintu.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

1 komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir