headerphoto


Misalkan di dalam suatu instalasi listrik, ada dua buah saklar yang akan dipasang. Bagaimanakah cara memasang saklar yang benar? Bagaimana dengan posisi kontak saklar saat menghidupkan lampu, apakah saklar yang ditekan ke bawah, lampu menyala? atau saklar ditekan ke atas lampu akan menyala? ke atas atau ke bawah?

Untuk pemasangan saklar yang benar, line diagram dan penjelasannya bisa dilihat di .

Untuk posisi kontak saklar, ke atas atau ke bawah, berdasarkan peraturan PUIL 2000 nomor 2.5.2.3(b) Sakelar harus dipasang sehingga :
kedudukan kontak semua tuas sakelar dan tombol sakelar dalam satu instalasi harus seragam; misalnya akan menghubung jika tuasnya didorong ke atas atau tombolnya ditekan.
Jadi, posisi kedudukan kontak saklar tidak disyaratkan harus ke atas atau ke bawah, untuk menghidupkan beban (lampu misalnya), tetapi yang disyaratkan adalah keseragaman dari saklar-saklar yang dipasang.


Gambar di atas menunjukkan kondisi kedudukan saklar yang salah, hal ini dikarenakan pemasangan saklar yang tidak seragam. Saklar single akan menghubung (ON) jika tuas ditekan ke atas, sedangkan saklar double akan ON jika tuas ditekan ke bawah.


Gambar di atas menunjukkan kondisi kedudukan saklar yang benar, saklar single dan saklar double dipasang dengan kondisi seragam, yakni saklar akan ON jika tuas ditekan ke bawah.
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

1 komentar

  1. Krn blm ada ketentuan yg baku utk posisi on/off saklar, sebaiknya pemerintah/PLN mengeluarkan aturan posisi saklar on adlh ke atas, dg dasar alasan posisi on MCB adalah ke atas.

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^