headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Sebuah kapasitor terdiri dari dua belah pelat logam dengan sebuah lapisan isolator (penyekat) di antara kedua pelat tersebut. Lapisan isolator yang digunakan dapat berupa sebuah lempengan plastik tipis, namun dalam beberapa jenis kapasitor lapisan ini adalah udara.


Gambar diatas memperlihatkan contoh-contoh kapasitor dan gambar dibawah merupakan simbol kapasitor.

Apabila sebuah kapasitor disambungkan ke sumber DC, elektron-elektron akan berkumpul pada pelat yang tersambung ke terminal negatif sumber. Elektron-elektron ini akan menolak elektron-elektron yang ada pada pelat di seberangnya. Elektron-elektron yang tertolak akan mengalir menuju terminal positif sumber.

Sebuah kapasitor yang disambungkan seperti ini ke sebuah sumber daya dengan seketika akan menjadi bermuatan. Tegangan antara kedua pelatnya adalah sama dengan tegangan sumber daya. Ketika kapasitor tersebut dilepaskan dari sumber daya, kapasitor tetap mempertahankan muatannya. Karena lapisan isolator yang ada pada kapasitor, arus tidak dapat mengalir melewati kapasitor. Kapasitor akan tetap bermuatan hingga waktu yang tak terbatas. Dengan alasan ini, kapasitor sangat berguna untuk menyimpan muatan listrik.

Kapasitansi
Kemampuan sebuah kapasitor untuk menyimpan muatan listrik disebut sebagai kapasitansi kapasitor, dengan simbol C. Satuan untuk kapasitansi adalah farad, yang disimbolkan dengan F. Satu farad didefinisikan sebagai jumlah muatan listrik yang dapat disimpan (dalam satuan coulomb) per satuan tegangan.

kapasitansi = muatan / tegangan

Contoh:
Muatan yang tersimpan pada sebuah kapasitor adalah 6 coulomb. Tegangan antara kedua pelatnya adalah 2 V. Berapakah kapasitansinya?

Penyelesaian:
kapasitansi = 6 / 2 = 3 F

Nilai-nilai Kapasitor
Kapasitor-kapasitor dibuat dengan suatu nilai yang mirip dengan nilai-nilai referensi bagi resistor. Kapasitor memiliki toleransi yang lebih tinggi dibandingkan dengan resistor, sehingga kita tidak merasa perlu untuk membuat sebanyak 24 buah nilai di dalam kisaran tersebut. Nilai-nilai kapasitansi di dalam kisaran ini adalah:
1,0     1,2     1,5     1,8     2,2     2,7     3,3     3,9     4,7     5,6     6,8     8,2
Nilai-nilai ini berulang kembali dengan kelipatan-kelipatan 10.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

4 komentar

  1. Boss ..
    Apa fungsi Capasitor dalam sebuah rangkaian elektronika
    1. Kenapa harus dipasang Capasitor
    2. Apa yang terjadi bila tidak dipasang Capasitor

    BalasHapus
  2. Fungsi kapasitor dalam rangkaian elektronika, banyak sekali, contohnya meratakan gelombang DC keluaran dari rangkaian penyearah, menyimpan muatan, kopel rangkaian audio, filter nada-nada tertentu (bass atau treble, nada rendah atau tinggi), filter frekuensi dsb.

    1. Kenapa harus dipasang Capasitor? seperti contoh, untuk meratakan gelombang DC keluaran dari rangkaian penyearah, silahkan lihat di
    Bagaimana Meratakan Gelombang Output DC dari Rangkaian Penyearah?
    http://www.elektronikabersama.web.id/2011/06/bagaimana-meratakan-gelombang-output-dc.html
    2. Apa yang terjadi bila tidak dipasang Capasitor? Gelombang DC keluaran dari rangkaian penyearah masih terdapat riak, lihat di
    Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh
    http://www.elektronikabersama.web.id/2011/06/rangkaian-penyearah-gelombang-penuh.html

    BalasHapus
  3. Terima kasih ...
    Menyambung pertanyaan tentang kapasitor :
    Kapasitor terbuat dari 2 plat yang disekat dengan bahan isolator ditengahnya. Elektron yang ada dikutub positif (+) tidak bisa pindah ke kutub negatif (-), begitu juga sebaliknya.

    1. Apakah sebuah kapasitor sama sekali tidak bisa meneruskan arus listrik, maksudnya dilewati arus listrik.

    2. Saya masih bingung, karena sering menemui dalam sebuah skema rangkaian elektronika, kapasitor dipasang/berfungsi untuk meneruskan arus.

    BalasHapus
  4. Baik, menyambung jawaban tentang kapasitor :h:
    1. Apakah sebuah kapasitor sama sekali tidak bisa meneruskan arus listrik? Bisa, saya pernah diajarkan bahwa kapasitor berfungsi menahan arus DC dan meneruskan arus AC
    2. Bagaimana dengan kapasitor yang dipasang/berfungsi untuk meneruskan arus? Berkenaan dengan kapasitor berfungsi meneruskan arus AC, silahkan baca di artikel
    Reaktansi Kapasitif dan Contoh Soal Impedansi (R dan C)
    http://www.elektronikabersama.web.id/2012/10/reaktansi-kapasitif-dan-contoh-soal.html

    BalasHapus

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir