headerphoto

Apakah sistem pull-up atau pull-down masih relevan untuk digunakan pada output Arduino, Esp8266 dan micro controller unit (MCU) sejenisnya? Bukankah output Arduino/ Esp8266/ micro controller unit (MCU) bisa langsung dipasang beban yang sesuai (misal buzzer 5 VDC yang berkebutuhan arus 20 mA)? atau cukup dengan memasang sebuah resistor seri ke beban lampu LED? seperti pada gambar schematic pin 13 Arduino Nano di bawah ini
Skema Pin 13 Arduino Nano
Pada pin Arduino/ Esp8266/ micro controller unit (MCU) yang menjadi output seperti di atas, tidak terdapat resistor ke VCC untuk menaikkan (pull-up) atau resistor ke GND untuk menurunkan (pull-down), dan hal itu tidak menjadi masalah.

Tapi... perhatikan gambar schematic NodeMCU di bawah ini
Skema Pin GPIO0 NodeMCU
Pada pin GPIO0 dan GPIO2 NodeMCU terpasang seri resistor ke VDD untuk menaikkan (pull-up resistor) dan pin GPIO15 terpasang seri resistor ke GND untuk menurunkan (pull-down resistor).

:awas: Bila resistor pull-up atau pull-down ini tidak dipasang pada ESP12E, yang merupakan main board NodeMCU, atau tidak dipasang pada ESP12F atau keluarga ESP8266 lainnya, maka MCU tersebut tidak akan bekerja, error atau tidak stabil.

:catat: Kesimpulan: sistem pull-up atau pull-down untuk digunakan pada output Arduino, Esp8266 dan micro controller unit (MCU) itu tergantung kebutuhan, ada yang wajib dipasang, seperti pada ESP12E dan keluarga ESP8266 lainnya, atau tidak wajib dipasang seperti pada Arduino Nano.

--------------------------------
Ditulis dengan menggunakan:
Host: zaldi-linuxmint
Distro: Linux Mint 19.3 Tricia
Kernel: 5.0.0-32-generic
Desktop: Xfce 4.14.1
Player: Audacious 3.9
Browser: Chromium 87.0.4280.66
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

1 komentar

  1. Return-to-player is the amount of all wagered money paid back to gamers over time. When choosing a web-based slot machine, the upper the RTP, the higher your likelihood is of profitable. If you need more variety, though, you might see this one as a disadvantage. As one other plus, Red Dog provides loads of free on-line slots, so have the ability to|you possibly can} practice lengthy as|so long as} you need before you resolve {if you need to|if you would like to} 바카라 사이트 play slots for actual money. If you get pleasure from your slot machine video games using a mobile gadget, you will love Cafe Casino.

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^