headerphoto

Error ini saya alami ketika mengeksekusi M-file listing program aliran daya 3 bus dengan program aplikasi MATLAB
??? Error using ==> \
Matrix dimensions must agree.

Error in ==> D:\ZaRsip\Data Matlab\Work\aliran_daya_3bus_zaldi_NR.m
On line 108 ==> deltaX = J\deltaS;

>>

Padahal saya yakin bahwa list program tersebut telah saya buat dengan teknik penulisan yang benar, sesuai referensi, namun setelah dieksekusi ternyata muncul error seperti di atas. Timbul pertanyaan: "Ada apa gerangan dengan M file MATLAB yang saya buat tersebut?".

Teliti lagi, adalah kunci penyelesaian error dalam menulis struktur program aplikasi MATLAB, kalo cuma teliti saja, list program seperti aliran daya 3 bus yang sebanyak 167 baris itu, hanya akan menambah ruwet 14. Lalu bagaimana penyelesaian error di atas?

Sabar kawan, saya ceritakan dulu kronoligisnya. Waktu itu saya membuat list program aliran daya 3 bus dan aliran daya 5 bus, sama-sama menggunakan metode Newton Raphson, yang saya simpan sebagai M file MATLAB. Saat mengeksekusi list aliran daya 5 bus, MATLAB berhasil menampilkan simulasi perhitungan, lalu saat mengeksekusi list aliran daya 3 bus, disini muncul error 7.

Ternyata, seperti yang disebutkan dalam errornya, bahwa dimensi atau ukuran matrix yang menjadi masalah. Bahwa pada aliran daya 3 bus metode Newton Raphson menggunakan matrix 4x4, sedangkan pada aliran daya 5 bus metode Newton Raphson ukuran matrix 6x6, lihat jendela Workspace MATLAB di bawah ini.

workspace-matlab-error-matrix
Ukuran matrix nya menjadi tidak sesuai, sedang variabel atau nama yang digunakan untuk perhitungan matrix pada kedua list aliran daya tersebut adalah sama, yaitu J.

Telah disebutkan bahwa listing program telah ditulis dengan benar, jadi penyelesaian untuk mengatasi error seperti di atas, hanya perlu mereset variabel-variabel yang ada pada jendela Workspace MATLAB, yaitu dengan menambahkan kode clear pada awal penulisan listing program, seperti di bawah ini 3
clear
clc
disp(' ')
disp(' ____________________________________________________ ')
disp(' ')
disp(' STUDI ALIRAN DAYA PADA SISTEM 3 BUS ')
disp(' DENGAN PENYELESAIAN METODE NEWTON-RAPHSON ')
disp(' OLEH : ZALDI HARDIYANTO ')
disp(' WWW.ELEKTRONIKABERSAMA.WEB.ID ')
disp(' ____________________________________________________ ')
disp(' ')
....

Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar

No spam, no active link, please ^_^