headerphoto

Penguat operasional (operational amplifier, atau yang biasa disingkat dengan op-amp) merupakan suatu penguat berperolehan tinggi yang dikopel langsung, kemana umpan balik ditambahkan untuk mengendalikan karakteristik tanggapan keseluruhannya. Op-amp digunakan untuk membentuk fungsi-fungsi linear yang bermacam-macam (dan juga operasi-operasi tak linear) dan sering disebut sebagai rangkaian terpadu linear dasar.

Op-amp tergolong kedalam jenis komponen aktif dan IC adalah bentuk dari komponen op-amp. Komponen ini, banyak digunakan terutama untuk tujuan-tujuan penguatan, dengan keuntungan yakni: ukuran kecil, keandalan tinggi, harga lebih murah, kebal temperatur dan memerlukan tegangan dan arus yang relatif rendah.

Karakteristik atau sifat dari op-amp
  • Tahanan input yang sangat tinggi, sehingga rangkaian ini menarik arus yang sangat kecil dari sumber listrik yang memasok daya padanya
  • Tahanan output yang sangat rendah. Rangkaian ini mampu menghasilkan arus output yang relatif besar tanpa menimbulkan jatuh tegangan yang serius pada tegangan outputnya
  • Gain atau penguatan yang sangat besar
  • Mempunyai pita (bandwidth) yang sangat lebar
  • Tidak berubah karena suhu atau temperatur
  • Mempunyai keseimbangan yang sempurna, yaitu Vout = 0, bila V1 = V2.

Op-amp beroperasi dengan sebuah catu daya mode ganda (simetris), yang memberikan tegangan +V dan -V. Komponen ini tidak membutuhkan sambungan ke jalur 0V. Akan tetapi, banyak op-amp dapat beroperasi dengan sebuah jalur catu tunggal.

Simbol penguat

simbol-penguat
Simbol penguat operasional atau Op-amp

simbol-opamp

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar