headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Penguatan Sinyal
Rangkaian-rangkaian penguat seperti rangkaian otomatis lampu jalan atau sensor cahaya anti maling, tidak dapat digunakan dalam aplikasi-aplikasi dimana kita hendak menguatkan sebuah sinyal audio. Bentuk gelombang audio terlalu kompleks.

Ketika kita hendak menguatkan sinyal-sinyal audio, kita harus mempertahankan bentuknya semirip mungkin dengan aslinya. Dengan demikian, salah satu sasaran dari rangkaian penguat audio adalah menghasilkan sinyal tegangan output yang merupakan salinan persis dari sinyal tegangan inputnya, kecuali bahwa amplitudo output jauh lebih besar dari amplitudo input. Kita mengubah sinyal Vin menjadi sinyal Vout.

sinyal_Vin_dan_Vout
Gain Tegangan
Gain tegangan sebuah rangkaian penguat dirumuskan
GV = Vout / Vin
dimana Vout dan Vin adalah nilai-nilai tegangan output dan tegangan input pada satu titik waktu tertentu. Sebuah rangkaian penguat juga dapat memilki gain arus, yang didefinisikan dengan cara yang sama. Menggabungkan kedua gain ini, dan merujuk ke persamaan P = I V, kita dapat mengetahui bahwa sebuah rangkaian penguat akan meningkatkan daya dari sebuah sinyal.

Gain tegangan tidak bersifat tetap. Besaran ini bergantung pada frekuensi sinyal yang bersangkutan. Hal ini terutama disebabkan oleh efek kapasitansi di dalam rangkaian. Sebuah grafik amplitudo frekuensi yang tipikal sebagaimana berikut ini, yang diperoleh dari sebuah rangkaian penguat serba guna transistor tunggal.

grafik_amplitudo_frekuensi
Grafik diatas memperlihatkan bahwa sinyal output memiliki daya dibawah setengah daya maksimumnya pada frekuensi-frekuensi dibawah 800 Hz. Sinyal output juga jatuh dibawah setengah daya maksimumnya pada frekuensi-frekuensi yang lebih besar dari 5 MHz. Terdapat sebuah kisaran frekuensi antara 800 Hz dan 5 MHz, dimana sinyal output memiliki daya di atas level setengan daya. Kisaran ini didefinisikan sebagai bandwidth rangkaian penguat. Dalam kasus ini, bandwidth yang bersangkutan lebarnya sedikit lebih kecil dari 5 MHz.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir