headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

microphoneMicrophone atau mic adalah alat yang dapat merubah gelombang suara (getaran mekanik) menjadi sinyal listrik berupa tegangan atau arus. Terdapat beberapa jenis microphone, diantaranya mic kristal, mic dinamik, mic pita, mic magnetik, mic karbon, dan mic kondensor.

Microphone yang outputnya berupa tegangan yaitu mic kristal, mic keramik, mik dinamik, mik pita dan mic magnetic. Mic yang outputnya berupa arus yaitu mic karbon dan mic kapasitor.

Prinsip kerja setiap mic
  • Mic Kristal: Suara masuk menyentuh membran dan mengenai garam Rochelle, akibatnya getaran gelombang suara diubah menjadi efek listrik, dan efek listrik membangkitkan tegangan output.
  • Mic Dinamik: Prinsip kerjanya sama dengan speaker. Pada bagian tengan terdapat koker yang dililit spul (moving coil). Gulungan spul ini terletak pada medan gaya megnet yang kuat. Bila membran bergoyang akan menyebabkan spul bergerak ke depan dan ke belakang, akibatnya pada spul terjadi tegangan induksi atau timbul tegangan output.
  • Mic Pita: Sebagai membran digunakan pita-pita alumunium yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mempunyai bidang sempit yang peka terhadap tekanan yang kecil sekalipun.
  • Mic Magnetik: Prinsip kerjanya sama dengan bel listrik. Membran tertekan akan mendorong jangkar magnet ke depan dan ke belakang, dan berimbas pada spul. Karena spul mendapat gaya magnet yang berubah-ubah, maka pada spul akan timbul tegangan induksi diri.
  • Mic Karbon: Elektron merambat pada partikel-partikel karbon dan menyebabkan adanya perubahan arus. Bila membran bergetar akan terjadi tumbukan pada molekul karbon, sehingga kerapatan antar molekul berubah-ubah tergantung keras tidaknya tumbukan yang terjadi.
  • Mic Kondensor atau Mic Kapasitor: Bila dua keping yang bersifat kondensor mendapat tekanan dari getaran suara, maka kedua keping ini akan mendekat dan menjauh secara bervariasi. Saat mendekat, ia mempunyai tegangan kapasitif yang besar dan saat menjauh menjadi mengecil.

simbol_mic
Simbol microphone

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

2 komentar

  1. mau nanya nih mas..
    gimana caranya agar mic kondenser bisa berfungsi pada rangkaian mic dinamik?
    karna saya akan menggunakan mic pada headset pc di rangkaian tersebut.

    terima kasih

    BalasHapus
  2. Caranya ya sambungkan saja :c:

    Seperti yang diuraikan di atas, microphone atau mic adalah alat yang dapat merubah gelombang suara (getaran mekanik) menjadi sinyal listrik, hal ini berlaku untuk berbagai jenis mic.

    Perbedaan antara beberapa jenis mic yang telah disebutkan, terdapat pula perbedaan lainnya, yakni impedansi. Karakter impedansi inilah yang kerap kali menjadi patokan dalam pembuatan berbagai jenis rangkaian preamp mic. Sudah pasti, impedansi mic kondensor akan berbeda dengan mic dinamik, demikian pula dengan rangkaiannya.

    Terus apa pengaruhnya, jika rangkaian mic dinamik kita pasang mic kapasitor atau sebaliknya?
    Berpengaruh pada sinyal output yang dihasilkan, bisa menjadi sangat besar atau jadi sangat kecil. Jadi ya, coba saja sambungkan dan dengarkan suaranya, besar atau kecil?

    BalasHapus

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir