headerphoto
Bismillahirrohmanirrohim

Alat apa itu Pa..? Begitulah pertanyaan dari anak saya, setelah melihat sebuah alat baru, yaitu Timer Proteksi Motor Pompa Air yang saya buat, seperti gambar di samping kiri yang kawan lihat.

Timer Proteksi Motor Pompa Air dibuat setelah muncul kasus bahwa alat otomatis motor pompa air yang selama ini digunakan, yakni Radar (sistem mekanis yang menggunakan dua bandul dan sebuah micro switch, yang dipasang pada toren penampungan air), tidak bisa memenuhi kebutuhan pengamanan motor pompa air, dalam kondisi debit air sumur berkurang (akibat jarang hujan atau musim kemarau), dimana motor pompa air running terus tanpa terkendali.

Saat radar memerintahkan motor pompa untuk ON, lalu air dalam sumur sudah habis dan tidak lagi tersedia, maka motor pompa akan tetap ON, sampai air kembali tersedia, atau ada seseorang yang mematikannya, atau sampai motor pompa tersebut rusak. Inilah yang akhirnya membuat saya berpikir untuk membuat sebuah alat pengaman atau proteksi untuk motor pompa air dari terjadinya kerusakan dan juga borosnya listrik yang akan ditimbulkan, akibat motor pompa berputar-putar terus tanpa ada load atau air yang dihisapnya.

Wiring sederhana Timer Proteksi Motor Pompa Air seperti gambar di bawah ini.


Keterangan kondisi:
  • Kondisi Sebelum, debit air tinggi atau banyak air dalam sumur, sistem radar sudah cukup mengontrol motor pompa air.
  • Kondisi Sesudah, debit air rendah atau air dalam sumur sedikit, sistem radar tidak cukup mengontrol motor pompa air, harus ada alat tambahan yang bisa memproteksinya.

Gabungan arduino dengan sebuah shield buatan kang Agung Bakhtiar dari Sidoarjo yang diberi nama Outseal, menghasilkan sebuah alat kontrol yang mudah diaplikasikan, seperti menjadi Timer Proteksi Motor Pompa Air. Berikut ini gambar prototipe Timer Proteksi Motor Pompa Air.


Keterangan:
  1. Kabel source 220 VAC (input proses)
  2. Adaptor 9 VDC (catu daya)
  3. Outseal (prosesor)
  4. Relay (kopel)
  5. Stop kontak (output proses)

Prosesnya seperti ini:
  • Saat radar ON memerintahkan motor pompa bekerja, akan ada timer yang menghitung durasi kerja motor pompa tersebut, misal 4 menit. Durasi ini dihitung berdasarkan kerja motor saat onload, atau saat ada air yang dihisap. Setelah itu motor pompa akan offload atau tidak ada air yang dihisap, maka prosesor mematikan motor pompa.
  • Timer berikutnya adalah interval ON motor pompa, misal 20 menit. Interval ini dihitung berdasarkan kesediaan air dalam sumur. Jadi motor pompa akan kembali kerja saat ada air lagi dalam sumur yaitu setelah 20 menit dari pompa OFF.
  • Begitu seterusnya, hingga toren penuh dan radar memutus setrum ke alat kontrol.


Bagi kawan-kawan yang membutuhkan alat seperti ini, Timer Proteksi Motor Pompa Air, insyaAlloh akan saya buatkan dengan kemasan yang layak. Alat inipun masih bisa dikembangkan lagi seperti interval dibatasi 7x, maksudnya bila motor pompa sudah bekerja 7x dan toren masih belum penuh, maka baiknya cek mekanis pompa atau kesediaan airnya, lalu tambah alarm dan seterusnya. Semangat berkarya :semangat::s92:

←Prev

Pos Terkait

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

1 komentar

  1. Bisa dikembangkan lagi pakai sensor di sumur bos. Kayak WLC.... Mungkinkah....

    BalasHapus