headerphoto
Bismillahirrohmanirrohim

Setelah kemarin kita mengenal Arduino, sejarah singkatnya, jenis-jenisnya, contoh source code atau sketche-nya yang ditulis dengan bahasa pemrograman C, kemudian masuk kesimpulan, bahwa Arduino adalah alat kontrol yang dirancang untuk membuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang sudah ada. Pertanyaan kemudian, buat ngontrol apa sih Arduino?

Sebagai alat kontrol, Arduino bisa digunakan untuk mengontrol, mengendalikan atau memproses suatu peralatan elektronik yang sederhana, hingga peralatan elektronik yang rumit, contoh: sensor atau pengingat akan turun hujan, otomatisasi lampu jalan, membuat jam digital, menghidupkan lampu dengan hp android, hingga merancang sebuah robot.

Selain digunakan dalam dunia elektronika, Arduino juga bisa digunakan dalam dunia listrik, misalnya sebagai pengendali start dan stop motor listrik, dan yang sekarang lagi populer Arduino bisa digunakan sebagai PLC (Programmable Logic Controller).

Arduino sebagai Alat Kontrol yang Murah

Contoh sebuah kontrol yang sudah saya posting yaitu Otomatis Lampu Menggunakan Timer, dimana timer digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis. Seperti ini, lampu nyala jam 18.00 dan akan padam jam 05.00 esok hari, begitu seterusnya setiap hari. Berikut wiring diagramnya.


Dalam wiring diagram di atas T1 dan T2 adalah timer, dimana sebuah timer harganya Rp 200.000, maka untuk sebuah kontrol sederhana otomatis lampu tersebut, minimal kita membutuhkan biaya Rp 400.000.


Bila kita menggunakan sebuah Arduino sebegai alat kontrolnya, kita lihat gambar di bawah harga Arduino jenis Nano yaitu Rp 35.000.


Ada gitu timer dalam Arduino? (jawabannya) ada, bahkan kita bisa menulis dalam bahasa pemrograman Arduino hingga 8 buah timer.

Maka tidak salah disimpulkan, bahwa Arduino adalah alat kontrol yang dirancang untuk membuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang sudah ada. Bahwa Arduino itu sekarang booming dan begitu populer. Kita sebagai pegiat elektronika, kalo tidak belajar Arduino, kita akan ketinggalan. Semangats untuk belajar :semangat::s92:

Next→
←Prev

Pos Terkait

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar