headerphoto

Saklar Kunci
Saklar kunci merupakan jenis saklar yang hanya dapat dihidupkan dan dimatikan dengan menggunakan sebuah kunci. Hanya pasangan kunci dan alat pengunci yang tepat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan saklar. Saklar-saklar kunci dapat digunakan dalam aplikasi-aplikasi yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, seperti rangkaian kontrol listrik dalam industri.

Contoh saklar kunci seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

saklar-kunci

Saklar DPDT
Saklar toggle, saklar rocker, dan saklar geser juga dapat dibuat dalam versi double pole double throw atau dua kutub dua arah, yang disingkat dengan saklar DPDT. Bentuk saklar ini menggabungkan dua buah saklar yang terpisah didalam satu unit, namun keduanya dioperasikan secara bersama-sama.

Saklar DPDT dapat digunakan untuk menyambungkan dua rangkaian pada saat yang bersamaan. Saklar-saklar ini juga dapat dihubungkan ke jalur kawat netral dan jalur kawat tegangan dari sumber PLN secara sekaligus. Ketika sebuah saklar berada dalam keadaan mati peralatan listrik yang terhubung kesaklar ini terisolasi secara total dari sumber PLN.

Berikut ini merupakan simbol saklar DPDT

simbol-saklar-dpdt
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar

No spam, no active link, please ^_^