headerphoto

IC_7812Rangkaian yang diperlihatkan pada artikel Power Supply 5 VDC 1 A Stabil mengilustrasikan bagaimana menggunakan dioda zener sebagai stabilisator tegangan. Untuk pengontrolan tegangan dengan tingkat presisi yang lebih tinggi, dapat kita gunakan sebuah pengatur tegangan atau regulator tegangan (voltage regulator). Komponen regulator tegangan ini adalah sebuah IC yang seringkali memiliki tiga kaki terminal, dan memiliki bentuk yang mirip dengan sebuah transistor daya.

IC regulator tegangan 3 terminal yang paling populer adalah seri 78xx. Dua digit terakhir pada nomor seri ini mengindikasikan tegangan teregulasi yang dihasilkan. Sebagai contoh, sebuah regulator tegangan 7805 menghasilkan +5V dan sebuah IC 7812 menghasilkan +12V. Nomor tipe ini dapat pula menyertakan sebuah huruf untuk mengindikasikan arus output maksimum regulator. Sebagai contoh, sebuah regulator 78L09 merupakan sebuah piranti daya rendah (Low) yang menghasilkan tegangan 9V dengan arus hingga 100 mA. Selain itu tersedia juga tipe-tipe lainnya, yang mampu menghasilkan maksimum 1 A, perhatikan:

Seri regulator tegangan IC 7805
7805, I out = 1 A
78M05, I out = 0,5 A
78L05, I out = 100 mA


Seri regulator lainnya, yaitu 79xx digunakan untuk mengatur tegangan catu negatif ke sebuah op-amp dan perangkat-perangkat elektronik lain, atau untuk membuat catu daya simetris seperti yang ditunjukan pada artikel Rangkaian Power Supply Simetris +12V dan -12V 500 mA. Sama seperti halnya seri 78xx, pada seri 79xx dua digit terakhir pada nomor seri ini mengindikasikan tegangan teregulasi yang dihasilkan. Sebagai contoh, sebuah regulator tegangan 7905 akan menghasilkan output -5V dengan maksimum arus hingga -1 A.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar