headerphoto

Diumpamakan kita mempunyai satu buah ballast 36 Watt dan dua buah lampu tabung fluorescent 18 Watt, kita ingin merangkai lampu TL tersebut, lalu bagaimana rangkaian lampu TL dengan dua lampu dan satu ballast seperti yang kita perlukan?

Lihat gambar rangkaian lampu TL di bawah ini

2lampu-1ballast
Untuk menyalakan dua buah lampu tabung 18 Watt dengan satu ballast 36 Watt, bisa kita pasang secara seri lampu tersebut.

Ingat rumus rangkaian seri

R1 + R2 = Rt <=> P1 + P2 = Pt <=> 18 Watt + 18 Watt = 36 Watt

Gunakan starter pada tiap-tiap lampu. Bila perlu pasang kapasitor bernilai 4 µF ± 10% 250 V secara pararel dengan tegangan sumber (PLN).

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

19 komentar

  1. permisi mau tanya mas,
    bagaimana jk sy memaksakan memasang balast 23w ke neon 10w yg sy punya?
    Adanya itu, maksudnya g mau keluar uang, hi..hi..
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Memasang ballast 23w ke neon atau TL 10w, secara lampunya akan menyala. Namun kita akan mengalami rugi daya yang cukup besar. Gampangannya, bayar 23 Watt namun yang kita pake 10 Watt, rugi 13 Watt, atau bayar baso 23 mangkok tapi makan cuma 10 mangkok :f:

    BalasHapus
  3. kok saya coba tdk mau hidup ya?

    BalasHapus
  4. Coba kawan cek, starter yang digunakan ukurannya berapa volt? Idealnya menggunakan starter dengan tegangan 100 - 240 V.
    Untuk kawan ketahui, gambar rangkaian di atas merupakan rangkaian yang tercetak pada badan ballast 36 Watt Philips.

    BalasHapus
  5. Menarik sekali untuk di simak... Terus berkreasi mas.

    BalasHapus
  6. Insya Alloh siap gan, berkreasi, berbagi ilmu untuk masyarakat Indonesia. Doakan saja biar penulisnya sehat dan selalu ada ide untuk buat pos :h:

    BalasHapus
  7. Permisi mas, mau tanya nih.. Bagaimanakah skema gambar rangkaian lampu TL saya punya lampu TL 4 Pcs @18 Watt, masing2 sudah ada starter dan ballastnya, terus hendak sy pasang dengan satu saklar yg model ada stop kontaknya juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 Rangkaian lampu TL disambung seri dengan saklar, kemudian pararel dengan Setrum.
      Stop kontak disambung pararel dengan Setrum.
      Maaf, belum sempet menggambar :malu:

      Hapus
  8. Pastikah itu...pasti gagall klo udah coba....

    BalasHapus
  9. Coba aja...pasti kecewa....klo bner bisa publikasikan di youtube lengkap dari strart sampai akhir gan apa kirim aja ke email saya...jika memang benar adanya...sesuai gambar rangkaian gan....

    BalasHapus
  10. permisi gan mohon bantuannya nih.
    kalo kalo 1 ballas elektrik 36w di pasang untuk 2 lampu tl 18w bisa bisa gak.?

    BalasHapus
  11. makasih infonya.
    -
    Aneka Lampu Sorot dan Ballast murah, cek lampuutama.com

    BalasHapus
  12. apakah bisa ballas 220v dipakai dengan dua lampu tl 18 w??

    terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa satu ballast untuk 2 TL?
      Ya ini masih debatibel kang :puyeng:

      Hapus
  13. bis saya nyoba seperti yang ada di rangkaian kok masih g nyala ea..? saya rangkai seri 2buah tl ukuran 36an dan balans saya 125watt masing" udh saya kasih stater dg ukuran 4-65watt., tolong bantuanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lagi dengan starter yg range tegangannya lebar, seperti 60 - 240 Volt

      Hapus
  14. Ini di didalem socket dudukan lampunya tembaganya disambung ya?

    BalasHapus
  15. Maaf gan mintak pencerahan.
    Bagaimana caranya mempararel lampu tl dalm jumpalah banyak.
    7 biji sampek 11 biji.

    BalasHapus