headerphoto

simbol_scrSCR atau singkatan dari Silicon Controlled Rectifier adalah komponen penyearah yang mempunyai bagian pengontrol yang disebut Gate. Arus masuk pada gate menentukan tegangan antara Anoda dan Katoda, dimana SCR mulai mengantarkan arus atau tidak pada setengah perioda postitif sinyal masukan sinusioda. Gambar di samping merupakan simbol SCR.

SCR banyak digunakan pada alat-alat pengontrol tenaga listrik, seperti inverter atau lighting unit. Komponen-komponen lain mempunyai prinsip kerja yang sama seperti SCR antara lain: DIAC, TRIAC dsb. Semua komponen tersebut mempunyai nama bersama yaitu teristor (thyristors), berasal dari kata thyraton dan transistor. Thyraton merupakan komponen berupa tabung elektronik yang berisi gas dengan prinsip kerja seperti SCR.

konstruksi_dasar_scr
Gambar di atas menggambarkan konstruksi dasar SCR. Dari gambar tersebut SCR disebut juga Four layer device, karena SCR merupakan komponen dengan empat lapisan atau PNPN. SCR disusun oleh suatu lapisan bahan semi konduktor bahan P, bahan N, bahan P dan bahan N. SCR dapat digambarkan pula sebagai transistor Q1 dan Q2, dimana transistor tersebut berjenis PNP dan NPN.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

1 komentar

  1. hanya memberikan info, untuk dapat mengontrol scr dapat menggunakan controller berikut:

    http://asian-instruments.com/index.php/thyristor-rectifier-controller-trc-ai-01/

    BalasHapus