saklar-tekanSaklar tekan merupakan jenis saklar yang dioperasikan dengan cara menekan sebuah tombol. Terdapat dua jenis saklar semacam ini, yaitu jenis push to make (PTM) dan push to break (PTB).

Kebanyakan diantara saklar tekan merupakan jenis PTM. Dengan menekan tombol saklar, kontak-kontak akan tertekan hingga saling bersentuhan dan saklar menutup. Sedangkan saklar tekan jenis PTB, kontak-kontaknya adalah kontak normal tertutup, namun akan dipaksa membuka ketika tombol ditekan.

Masing-masing saklar tekan jenis PTM dan PTB, dapat bekerja untuk membentuk atau memutuskan sambungan selama sekejap atau menguncinya (latching). Sebuah saklar yang membentuk atau memutuskan sambungan selama sekejap hanya akan menutup atau membuka selama tombol masih ditekan. Ketika tombol dilepaskan saklar akan kembali ke posisi semula.

Pada saklar sambungan yang mengunci, tombol akan tetap berada pada posisi tertekan setelah pertama kali ditekan. Kontak-kontak saklar akan tetap menutup atau membuka, bergantung pada jenis saklar yang bersangkutan. Anda harus menekan tombol itu sekali lagi untuk membuka kunci dan mengembalikan tombol ke posisi normalnya.

Saklar-saklar tekan digunakan secara luas di dalam beragam aplikasi industri, rangkaian kontrol motor, dan dapat juga digunakan untuk menyambungkan daya ke lampu-lampu, perangkat radio, dan peralatan listrik lainnya.

Simbol saklar tekan PTM dan PTB seperti terlihat dibawah ini

simbol-saklar-tekan-ptm-ptb

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar