headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Dengan menggunakan sebuah trafo tanpa ct, rangkaian penyearah sistem jembatan, dan saklar putar, kita bisa membuat sebuah catu daya peralatan elektronik dengan tegangan yang bervariasi, mulai dari 3 V, 4,5 V, 6 V, 7,5 V, 9 V, sampai 12 V.

Ditambahkan sebuah komponen berupa saklar rocker atau saklar geser sebagai saklar utama, pemutus dan penghubung aliran listrik sumber PLN, dan sebuah LED sebagai indikator alat.

Gambar rangkaiannya akan seperti terlihat dibawah ini

rangkaian-catudaya
Komponen-komponen yang diperlukan, antara lain:
  1. S1= Saklar rocker
  2. S2 = Saklar putar 2 kutub 6 jalur
  3. T1 = Trafo step down tanpa ct 220 V/12V 500 mA
  4. D1, D2, D3, D4 = Dioda IN4002
  5. D5 = LED
  6. R1 = Resistor 220 Ω
  7. C1 = Elco 2200 µF

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0815-4871-9393

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

14 komentar

  1. mw tanya dunk mas klo tegangannya diturunkan ke 1.5v pake rangkaian apa ya

    BalasHapus
  2. Menurunkan tegangan ke 1,5 Volt, bisa gunakan rangkaian sederhana seperti rangkaian pembagi tegangan, seperti pada posting sebelumnya (lihat di daftar isi atau kolom pencarian).

    Hubung seri dua buah resistor bernilai sama pada output catudaya tegangan 3 Volt, akan menghasilkan tegangan pada masing-masing resistor 1,5 Volt

    BalasHapus
  3. dah sy liat mas, bingung sy mas coz sy ga paham elektro..hehe. Minta tlg dunk mas rangkaian dan komponeny dikrm ke katro_ig@yahoo.com terimakash

    BalasHapus
  4. mw tny dunk elco tsb 220nf yg berapa volt n rangkaian tsb bs ga digunakan tuk charger aki 6v n 12 v.. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Kl input 12volt aki motor,output stabil di 15volt gmn?bsa minta to long dbikinkan skemanya n rangkaian+komponennya?..kl BSA,Kirim k email sy aj abdillah_syakur@yahoo.com...or ditunggu postingnya,,

    BalasHapus
  6. input 12 volt aki motor, output stabil di 15 volt gmn? itu artinya menaikkan tegangan lalu menstabilkannya.

    untuk menaikkan tegangan, silahkan lihat di
    Rangkaian Pelipat Tegangan (Voltage Multiplier)
    http://www.elektronikabersama.web.id/2011/06/rangkaian-pelipat-tegangan-voltage.html

    untuk menyetabilkan tegangan, silahkan lihat di
    Skema Rangkaian Power Supply 5 VDC 1 A Stabil
    http://www.elektronikabersama.web.id/2011/10/skema-rangkaian-power-supply-5-vdc-1.html

    BalasHapus
  7. mau ty kl buat powersuply dengan daya 10 ampermurni gmn gn..dengan out put 3 sd 12 v 6000watt

    BalasHapus
  8. Powersuply 10 ampere, ya rangkaiannya bisa sama dengan yg terlihat di atas, hanya saja komponen trafo dan diodanya disesuaikan menjadi 10 A juga.
    Kalo outputnya 6000 watt, wah ini gimana kalkulasinya? :g: 10 A dengan tegangan 12 V saja akan menghasilkan 120 W, ingat rumus daya P = I x V.

    BalasHapus
  9. Mas, saya sudah praktekkan rangkain di atas, namun sy heran, knapa pd saat saklar diputar ke volt yg lbh tggi, voltase jd 18volt dan gk mau turun meskipun sudh diputar saklarnya. Kecuali di lepas elco nya. Tolong kasi pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu, kecuali diberikan beban kepadanya

      Hapus
    2. jadi ada tambaha lagi di rangkaiannya?

      Hapus
    3. Bukan begitu, analoginya begini:
      Ada pipa air panjang 2 meter, di 1 meter pipa, dipasang T sambung selang 60 cm ke atas. Ujung pipa diberi keran, kemudian pipa dialiri air dari pompa.

      Ada 2 kondisi:

      :1: Kerannya ditutup.
      Apakah air akan naik dan keluar melalui selang? #Tentu saja kan!

      :2: Kerannya dibuka.
      Apakah air akan naik dan keluar melalui selang? #Tidak, air akan keluar melalui pipa.

      :pin: Analogi:
      Pipa = tegangan
      Air = arus listrik
      Selang = Kapasitor
      Keran tutup = ga ada beban listrik
      Keran buka = ada beban listrik

      mudah-mudahan dimengerti semangat :semangat:

      Hapus
  10. rangkaian di proteusnya ada gak bang ? kalo ada minta tolong kirimin ke sini bang hidayatr221@gmail.com

    BalasHapus
  11. Maaf ga punya program proteus :malu:
    Rangkaian di atas saya membuatnya pake aplikasi Open Office - Linux Mint, sewaktu masih jadi Linuxers

    BalasHapus