headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Rangkaian Generator Pulsa

Rangkaian generator pulsa di bawah ini terdiri dari dua buah saklar transistor. Output dari masing-masing saklar adalah input bagi saklar lainnya. Sambungan dari transistor Q2 ke transistor Q1 adalah langsung, melalui resistor R3. Namun sambungan dari Q1 ke Q2 harus melewati sebuah tahapan delay. Tahapan delay ini diberikan oleh elco C1 dan resistor R2.

rangkaian_generator_pulsa
Keterangan:
R1, R4 = Resistor 180 Ω
R2, = Resistor 6k8 Ω
R3 = Resistor 3k3 Ω
R5 = Resistor 220 Ω
D1 = Dioda IN 4148
D2 = Dioda LED
C1 = Elco 470 uF / 16V
Q1, Q2 = Transistor BC458

Trigger / Pemicu

Rangkaian diaktifkan dengan menyambungkan, secara sekejap, input Trigger / pemicu ke jalur 0V. Pengaktifan rangkaian ini akan menyebabkan Q2 menjadi tidak aktif (off). Hal ini akan meyalakan led D2.

Tanpa adanya delay, Q1 dalam sekejap akan mengaktifkan kembali Q2. Dengan adanya unit delay, terdapat waktu tunda selama beberapa detik, ketika C1 mengisi muatan melalui R2. Q2 akan diaktifkan ketika muatan C1 telah terisi hingga mencapai suatu level tertentu.

Rangkaian Monostabil

Rangkaian ini bersifat stabil ketika Q1 tidak aktif (off) dan Q2 aktif (on). Rangkaian ini akan terus berada dalam keadaan ini untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Rangkaian bersifat tidak stabil dalam keadaan sebaliknya, dimana Q1 aktif (on) dan Q2 tidak aktif (off). Setelah melewati tunda, rangkaian akan kembali kepada keadaan stabilnya.

Sebuah rangkaian yang hanya stabil dalam satu keadaan (state) saja, disebut sebagai rangkaian monostabil. Terdapat beberapa jenis rangkaian monostabil. Rangkaian-rangkaian ini dimanfaatkan untuk membangkitkan sebuah pulsa, generator pulsa atau pulsa tunggal ketika dipicu menjadi aktif.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir