headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Hampir dua tahun yang lalu, bermula dari gambar rangkaian otomatis pompa air yang saya peroleh dari teman. Gambar rangkaian tersebut kemudian saya kembangkan seefisien mungkin, dari penggunaan tiga buah relay menjadi hanya satu buah relay. Berikut gambar rangkaiannya

RANGKAIAN-EOPA
Click to enlarge

Kita buat PCB untuk rangkaian otomatis air ini, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini

pcb-rangkaian-otomatis-air
Untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang diperlukan, silahkan pelajari lagi gambar rangkaian yang ditunjukkan di atas.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0815-4871-9393

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

26 komentar

  1. TKS BOS ATAS INFORMASI YANG CUKUP BERHARGA INI

    BalasHapus
  2. Cara kerjanya gmn bos?

    BalasHapus
  3. Sensor A, untuk batas atas
    Sensor B, untuk batas bawah
    Com, untuk kabel bersama.

    - Toren (tangki air) penuh, Sensor A dan B kena air, relay OFF dan pompa mati
    - Toren berkurang, Sensor A tidak kena air dan B masih kena air, relay masih OFF dan pompa masih mati
    - Toren kosong, Sensor A dan B tidak kena air, relay ON dan pompa hidup
    - Toren terisi, Sensor A masih tidak kena air dan B kena air, relay masih ON dan pompa masih hidup
    - Toren penuh, Sensor A dan B kena air, relay OFF dan pompa mati
    - Bst (begitu seterusnya) :h:

    BalasHapus
  4. Pada keterangan diatas tertulis Rair 100k ohm itu maksudnya/wujudnya apa gan? apa = resistor? maklum bru belajar.

    BalasHapus
  5. Rair, maksudnya tahanan air, saya memperkirakan besarnya nilai Rair rata-rata 100k Ohm. Wujudnya seperti apa? Ya air, air itu sendiri :c:

    BalasHapus
  6. Boleh beli jadi bos.trus sensor A&B dari bahan apa?

    BalasHapus
  7. untuk sambungan ke pompa airnya dimana Bos...ko..ga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. :p90: konek dengan kontak relay kang

      Hapus
    2. itu relay nya tipe apa bro?

      Hapus
  8. digambar 2 pin relay sudah terpakai masuk rangkaian.itu berarti jenis relay 5 kaki ya bos.
    kalau pin tuk pompanya,apa harus yg 8 kaki ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. :100: benar kang relay pin 8 aja biar gampang

      Hapus
  9. Mf Bos...nanya diluar jalur nih...adaptor yg pke kapasitor,resistor dan dioda yg sering dgnakan pda batre senter yg 4v,bisa ga ngecas skaligus 2 batre bos...apa
    perlu diganti capasitor dan resistornya dgn ukuran lain? ..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara prinsip, bisa.
      ..
      kalo mau diganti, ya ganti chargernya aja langsung, ga perlu ganti komponen-komponennya. Langsung yg gede, kaya charger hp 1 A ganti dgn 2 A :hihihi:

      Hapus
  10. itu tipe relay nya yang mana bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilang aja ke toko elektronik, beli relay 8 pin hanaya, harganya kisaran 7.000

      Hapus
    2. oke bro..brati ngga usah pake trafo lagi ya bro? pompanya masuk ke pin yang mana?

      Hapus
    3. Ga ada tambahan trafo lagi :benar:
      Jadi gini, 8 pin relay itu adalah
      2 pin untuk tegangan sumber,
      3 pin untuk kontak didalam rangkaian,
      3 pin untuk kontak motor pompa.

      Hapus
    4. untuk sensor itu pake kabel aja? yang dijadikan sensor itu di bagian mana? ata gimana saya bingung hubungin sensor nya kemana hehe thanks sebelumnya ya gan

      Hapus
    5. :kanan: untuk sensor itu pake kabel aja? ya, bisa seperti itu.
      :kanan: yang dijadikan sensor itu di bagian mana?
      itu ada 3, yaitu:
      sensor A
      sensor B
      com.

      Hapus
    6. oh jadi yang dot/pin yang dibawahnya ada tulisan SENSOR A/B itu ke com ya?

      Hapus
  11. Dah selesai saya rakit.hasilnya muantap.
    Pertama saya msh bingung.hasil tidak sempurna karena 3 pin yg masuk rangkaian.disitu digambarkan NC relay yg diambil.setelah saya rubah dan ambil pin NO,hasilnya memuaskan.ini pelajaran buat saya tuk membuka wawasan berpikir.

    Makasih Bos atas artikelnya.
    Sangat berguna bagi saya,pecinta elektro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kang :hahaha::jempol:
      ..
      Terimakasih kembali, salam pecinta elektro
      Semangat :semangat:

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Untuk rakitan yg kedua, relay ga aktif bos, setelah mencapai level atas.
    kalo begini pompa jalan terus donk. Padahal saya dah ganti ketiga transistornya barangkali ada yg soak. saya teliti skema,bener. Ganti pcb dan rakit lagi. Hasilnya nol,tetep relay ga aktif saat mencapai level atas.tapi indikator led aktif.
    pusiiiing bingit.
    Mohon saran Bos...
    Kalo bisa sms nopenya donk...biar bisa komunikasi langsung..
    Ditunggu ya....

    BalasHapus
  14. Nopeku : 0877-7678-8190

    BalasHapus