headerphoto

Kemasan transistor sangat bervariasi, kemasan transistor daya rendah akan berbeda dengan kemasan transistor daya tinggi. Transistor daya rendah dibuat dengan kemasan dari bahan plastik atau logam. Kemasan transistor daya rendah yang dibuat dari bahan plastik memiliki salah satu ciri permukaan yang berbentuk datar, sedangkan yang terbuat dari logam memiliki sebuah tonjolan (tag) pada piringan bawahnya.

Transistor dengan daya yang lebih tinggi, biasanya dibuat dengan kemasan dari bahan plastik, logam, atau campuran antara plastik dan logam. Logam pada badan transistor, umumnya menandakan sebagai terminal kolektor, dan khusus pada transistor daya tinggi, tag logam tersebut berguna untuk memasang sebuah heat sink atau alat pembuang panas yang terjadi saat proses disipasi.

Fitur-fitur kemasan tersebut dimaksudkan untuk mengidentifikasi kaki-kaki terminal transistor. Sebagian besar kemasan transistor dikelompokan dengan istilah TO (Transistor Outline).

Gambar dibawah ini merupakan kemasan transistor yang sering kita gunakan dalam dunia elektronika, diantaranya TO-92A, TO-92B, TO92C, TO-126, TO-220, TO-18, TO-39, TO-3, dan TO-3P(N), berikut kaki-kaki atau terminal Basis, Emitter, dan Collector nya.

kemasan-transistor

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

2 komentar

  1. kalo tipe transistor untuk penguat led selain 2n2053 ada nggak?

    BalasHapus