Gambar berikut adalah contoh wiring diagram inverter motor 15KW. Wiring diagram inverter ini bisa dibilang cukup rumit karena mencakup kontrol yang digunakan dan setting parameternya yang harus tepat.

contoh_wiring_inverter
Sebelum jaringan listrik 3 fase terhubung ke inverter, arus terlebih dahulu mengalir melalui breaker B21, menghasilkan output wiring R21-S21-T21, lalu dihubungkan ke magnetic contactor #21 dan menghasilkan output wiring R21A-S21A-T21A. Fase listrik R21A-S21A-T21A ini kemudian dihubungkan ke input R-S-T inverter, sementara motor dihubungkan dengan output U-V-W inverter.

Rangkaian disini menggunakan braking resistor unit jenis LKEB, yang berfungsi untuk memperpendek waktu deselerasi motor atau pengereman. Kontrol input inverter menggunakan tombol push button switch untuk Run (start), Stop, Fast dan Slow. Untuk kontrol outputnya dikoneksikan dengan Ampere meter (A21), lampu start (207-X), inverter fault (210-X), dan sinkronisasi dengan unit motor didepannya (TD2-TD3).

Kontrol input dan output inverter akan berfungsi dengan baik, apabila setting parameternya tepat. Beda type inverter tentu akan berbeda pula settingannya. Inverter yang tersebut disini adalah inverter type G3 15KW 400V 3 fase dari Yaskawa.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

6 komentar

  1. Beli resistor untuk inverter 5.5hp, motor 2kw di mana ya dan berapa harganya? Trims bantuannya

    BalasHapus
  2. Maksudnya resistor disini, apa braking resistor unit? kalo iya, mending hubungi saja supplier inverter sesuai dengan merk yang digunakan :h:

    BalasHapus
  3. Panel yg sudah jadi ada gan?

    BalasHapus
  4. Ada, mau lihat? yu kemari, ke pabrik tempat ane kerja maksudnya :c:

    BalasHapus
  5. bisa di posting gambar nya gan?

    BalasHapus
  6. Bisa, dan sudah saya post, silahkan lihat di
    Gambar-gambar Inverter G3 15 kW 400V 3 Fase Yaskawa
    http://www.elektronikabersama.web.id/2013/01/gambar-gambar-inverter-g3-15-kw-400v-3.html

    BalasHapus