headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

lampu_berukirSebagai serabut pijar atau filament pada lampu pijar, umumnya digunakan kawat wolfrom. Kawat ini memiliki titik lebur yang tinggi, yaitu 3655 ºK. Oleh karena itu suhu kawat wolfrom harus lebih rendah dari suhu tersebut. Bila suhu kawat wolfrom dapat ditingkatkan sampai kira-kira 3300 ºK, akan diperoleh sebuah lampu dengan flux cahaya spesifik yang sangat tinggi, yaitu 50 lm (lm singkatan dari lumen, merupakan satuan flux cahaya). Namun pada suhu 3300 ºK serabut pijar akan terlalu cepat menguap, sehingga umur lampu menjadi lebih pendek. Dalam praktek umur rata-rata lampu pijar ditentukan 1000 jam nyala.

Bila lampu dipakai cukup lama, flux cahaya lampu pijar akan menurun, karena adanya penguapan, luas penampang serabut pijar akan berkurang, akibatnya tahanan listriknya akan meningkat, dengan demikian arus listrik menjadi berkurang dan bagian dalam bola lampunya akan menghitam. Oleh karena itu banyak perusahaan atau perkantoran yang mengganti lampu pijar setelah 700 – 800 jam menyala tanpa menunggu putusnya lampu. Penggantian kelompok demi kelompok ini dapat menghemat jam kerja.

Cahaya yang dipancarkan lampu pijar memiliki spektrum kontinu, kuantitas cahaya dari masing-masing warna yang dipancarkan tergantung pada suku serabut pijarnya. Kalau sukunya rendah akan tampak warna-warna kuning yang merah lebih menonjol, sedangkan kalau sukunya ditingkatkan akan tampak warna-warna biru dan ungu makin menonjol sehingga tampak serabut pijar menjadi lebih putih.

Hampir kebanyakan lampu-lampu pijar dilengkapi dengan sepotong kawat monel yang dipasang di dalam lampu secara seri dengan kawat-kawat penghubungnya. Maksud pemasangan kawat monel ini adalah sebagai pengaman lebur jika terjadi hubungan singkat di dalam lampu sehingga tidak mengganggu instalasinya.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir