FET-SFS9634Field Effect Transistor atau transistor efek medan atau yang lebih dikenal dengan FET, adalah suatu komponen semi konduktor yang bekerja berdasarkan pengaturan arus dengan medan listrik. FET termasuk jenis komponen aktif. FET disebut unifolar junction transistor atau UJT, karena cara kerjanya hanya berdasarkan aliran pembawa muatan mayoritas, sedangkan transistor yang telah dibahas merupakan bipolar junction transistor atau BJT karena bekerja berdasarkan aliran pembawa muatan mayoritas dan minoritas.

Terdapat FET-FET untuk aplikasi daya rendah, daya menengah, dan daya tinggi yang semuanya memiliki kemasan yang menyerupai BJT. FET memiliki tiga buah terminal, yaitu Source (sumber), Drain (buangan), dan Gate (gerbang). Ketiga terminal ini dapat disetarakan dengan terminal emitor, kolektor, dan basis pada sebuah BJT, namun terdapat beberapa perbedaan yang cukup penting. Perbedaan terpenting dari sudut pandang praktis, antara kedua kelompok ini adalah bahwa hampir tidak ada arus yang mengalir menuju terminal gate sebuah FET.

Pada penggunaan normal, FET disambungkan di dalam rangkaian dengan cara yang sama sebagaimana halnya sebuah BJT. Terminal source adalah terminal yang paling negatif dan terminal drain adalah yang paling positif. Ketika tegangan diberikan ke terminal gate, arus yang disebut arus drain akan mengalir masuk melewati terminal drain dan keluar melalui terminal source.

Dibawah ini simbol FET, saluran N (N - channel) dan saluran P (P - channel)

simbol-FET

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar