headerphoto

Sebuah motor listrik mempunyai spesifikasi sebagai berikut: tegangan 380 VAC 3 fase, frekuensi 50 Hz, rpm 1500, cos φ 0,8, daya 22 kW. Berapakah HP motor tersebut dan hitung arus yang akan mengalir?

Jawab:
1HP = 0,746 kW = 0,75 kW
--> 22 kW / 0,75 kW x 1 HP = 29,33 HP
--> 22 kW ≈ 30 HP

V = 380 V 3 fase
f = 50 Hz
Cos φ = 0,8
P = 22 kW = 22000 W
I = ?

Rumus daya motor 3 fase
P = √3 x V x I x Cos φ
--> I = P / √3 x V x Cos φ
--> = 22000 / √3 x 380 x 0,8
--> = 41,78 A

Berikut tabel kW, HP dan Ampere motor 3 fase (380 V, 50 Hz, Cos pi o,8)

kWHPA
0,40,50,8
0,7511,4
1,11,52,1
1,522,8
2,234,2
345,7
3,757
4,568,5
5,57,510,4
7,51014,2
91217,1
111520,9
152028,5
18,52535,1
223041,8
304057
375070,3
456085,5
5575104,5
75100142,4

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share: FB-share Twitter-share

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

27 komentar

  1. Terima kasih Informasinya.
    Informasi tentang PLC dan Listrik bisa di pelajari di :
    www.plcdroid.com

    BalasHapus
  2. gan tabel di atas sumbernya dri mana yah boleh tau ga ??
    buat referensi gan trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitung sendiri masbro, itu dah ada rumusnya

      Hapus
    2. 2200/1,73x380x0,8=hasilnya berapa apa benar 41,78.

      Hapus
    3. Salah masbro
      2200/(akar3 x 380 x 0,8) = 4,178
      Saya buat satu angka dibelakang koma,
      jadi 4,2

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Terima kasih infonya mas.
    Maaf mas mau tanya, itu untuk contoh diatas kan hasilnya 41,78 A. nah untuk arus yang disuplai oleh R S T sendiri ke motor tersebut berapa yah? apa 41,78 A dibagi 3 atau gimana?
    mohon bantuannya mas. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak dibagi 3.
      Maka arus yg mengalir tiap kabel/ fasenya sebesar 41,78A

      Hapus
  4. Rumusnya kok gk sesuai ya...bener apa gk itu...coba dihitung lagi soale hitungan aku gk ketemu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya hitung mas, dan saya masukkan formulasi
      silahkan lihat atau unduh di
      Download Program Mencari Arus Motor 3 Fase
      http://www.elektronikabersama.web.id/2015/01/download-program-mencari-arus-motor-3.html

      Hapus
  5. Maaf mau tanya, apabila frequensi nya hanya 14.9 hz, apa cos nya masih di kisaran 80-90 ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yg bagus :jempol:
      Sependek pengetahuan saya, bila frekuensi berubah, cos phi bisa berubah.
      Sementara jawabannya itu dulu, silahkan lihat postingan-postingan saya sebelumnya, ada beberapa teori tentang itu

      Hapus
  6. maaf mau nanya, kenapa vp-p harus dikalikan dengan ✔3, bukankah 380V merupakan vp-n x ✔3.
    trimakasih :)

    BalasHapus
  7. Rumus daya motor 3 fase
    P = √3 x V x I x Cos φ
    ...
    dibelahan bumi manapun akan seperti itu rumusnya mas

    BalasHapus
  8. Gan mau tanya, bagaimana cara mengetahui standart ampere motoran
    3 fhasa tanpa ada beban sama sekali, hanya motoran saja yg berjalan. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat saja :kepo: nameplate motor tersebut, disana tertera ampere nominalnya

      Hapus
  9. Semisalnya nameplate nya hilang, dan cara menghitung nya gimana gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ga bisa dihitung, paling juga diukur aja amperenya dengan tang ampere

      Hapus
    2. biasanya normalnya tdk smp setengah dari nominal ampere yg dihitung pakai rumus gan... jd kalo 45 kw dengan beban 85.5A tanpa beban dibawah 40 bisa 30 A an...dilapangan biasanya begitu

      Hapus
  10. untuk alat listrik yg beroprasi dg 3 phase(R,S T) masing2 kabel bertagangan n arus brrapa yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu seperti yang saya sudah tulis di atas.
      :pin:
      Berikut tabel kW, HP dan Ampere motor 3 fase (380 V, 50 Hz, Cos pi o,8)

      kW HP A
      0,4 0,5 0,8
      0,75 1 1,4
      1,1 1,5 2,1
      ...
      Ga dibaca apa kang :sedih:

      Hapus
  11. salam mas bro..mo nanya klo motor 5 hp dgn mak operating current 14.5 A, beapa kita harus psng daya nya?

    BalasHapus
  12. V = 380 V 3 fase
    f = 50 Hz
    Cos φ = 0,8
    ...
    #lihat tabel di atas
    ...
    :kanan: P = 5 HP
    :kanan: P = 3,7 kW
    :kanan: I = 7 A

    BalasHapus
  13. Gan Mesin engine 185 HP mau di konvert Ke KW 3 phase gimana cara menghitung yang tepat gan? mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :tulis: Rumus kW ke HP
      1 kW = 1/ 0,746 HP
      ===================
      :tulis: Rumus HP ke kW
      1 HP = 0,746 kW
      ...
      185 HP = 0,746 * 185 kW = 138 kW

      Hapus
  14. Klo cos phi untuk sump pump apakah sama 0.8. soalnya motor sump pump ke tidak ada di nameplate hanya ada 380v dan 12.3A. tp katanya itu motor 5.5 ke. Mohon pencerahannya. Makasih

    BalasHapus
  15. Thanks info nya mas brapa..
    Kalo sudah di dapatkan beban motor nya, bagaimana cara menghitung ukuran kabel yang di akan di pakai ? Misalnya seperti ukuran motor soal di atas 22 kw, 30 HP, 41,78 A. Mohon info nya mas bro..

    BalasHapus