headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...


Misalkan di dalam suatu instalasi listrik, ada dua buah saklar yang akan dipasang. Bagaimanakah cara memasang saklar yang benar? Bagaimana dengan posisi kontak saklar saat menghidupkan lampu, apakah saklar yang ditekan ke bawah, lampu menyala? atau saklar ditekan ke atas lampu akan menyala? ke atas atau ke bawah?

Untuk pemasangan saklar yang benar, line diagram dan penjelasannya bisa dilihat di .

Untuk posisi kontak saklar, ke atas atau ke bawah, berdasarkan peraturan PUIL 2000 nomor 2.5.2.3(b) Sakelar harus dipasang sehingga :
kedudukan kontak semua tuas sakelar dan tombol sakelar dalam satu instalasi harus seragam; misalnya akan menghubung jika tuasnya didorong ke atas atau tombolnya ditekan.
Jadi, posisi kedudukan kontak saklar tidak disyaratkan harus ke atas atau ke bawah, untuk menghidupkan beban (lampu misalnya), tetapi yang disyaratkan adalah keseragaman dari saklar-saklar yang dipasang.


Gambar di atas menunjukkan kondisi kedudukan saklar yang salah, hal ini dikarenakan pemasangan saklar yang tidak seragam. Saklar single akan menghubung (ON) jika tuas ditekan ke atas, sedangkan saklar double akan ON jika tuas ditekan ke bawah.


Gambar di atas menunjukkan kondisi kedudukan saklar yang benar, saklar single dan saklar double dipasang dengan kondisi seragam, yakni saklar akan ON jika tuas ditekan ke bawah.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir