headerphoto

Dari pembahasan timer kemarin, kita mengenal dua jenis timer, yaitu Power ON Delay dan Power OFF Delay. Sekarang kita akan membahas jenis timer model Signal OFF Delay. Lalu, apakah sama timer power OFF delay dengan timer signal OFF delay? Beda, namun hampir mirip.

Perbedaan timer power OFF delay dengan timer signal OFF delay
  • Timer Power OFF Delay: Ketika timer teraliri setrum (power supply), seketika itu juga kontak-kontaknya akan berubah, NO jadi close dan NC jadi open. Ketika setrum ke timer terputus, perubahan kontak-kontak tersebut bertahan sampai waktu tunggu timer tercapai. Jenis seperti ini adalah OMRON H3CR-H8L.

    timer-motor-pompa-air
    Aplikasi Timer Power OFF Delay (T1, OMRON H3CR-H8L)

  • Timer Signal OFF Delay: Terdapat satu pin yang berfungsi untuk saklar sinyal, yaitu pin Start. Ketika timer teraliri setrum (power supply), ada dua kemungkinan keadaan:
    1. Sinyal Start kondisi open, tidak ada perubahan pada kontak
    2. Sinyal Start kondisi close, seketika itu juga kontak-kontaknya berubah, NO jadi close dan NC jadi open. Ketika sinyal Start diopen, perubahan kontak-kontak tersebut bertahan sampai waktu tunggu timer tercapai.
    Ketika setrum ke timer terputus, dalam keadaan apapun, kontak-kontak timer akan kembali ke keadaan semula. Jenis seperti ini adalah OMRON H3CR-A (Mode D).

    Aplikasi Timer Signal OFF Delay (T1, OMRON H3CR-A)
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar

No spam, no active link, please ^_^