headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Blogger with LinuxMungkin kawan-kawan ada yang bertanya, apa sih maksud gambar pinguin bertuliskan Linux Inside Blogger yang selalu mojok di tiap halaman blog Elektronika Bersama ini?

Gambar tersebut merupakan sebuah link atau tautan yang mengarah ke Blogger.com, bila kawan klik gambarnya, maka akan terbuka situs Blogger. Apa itu situs Blogger? Blogger.com adalah situs yang menyediakan pembuatan dan penyimpanan blog secara gratis yang dimiliki Google.

Blog Elektronika Bersama dibuat melalui situs Blogger. Awalnya alamat situs atau blog ini adalah http://elektronikabersama.blogspot.com, kemudian diubah menjadi http://www.elektronikabersama.co.cc dan terakhir (sekarang) menjadi http://www.elektronikabersama.web.id. Untuk penggantian menjadi co.cc waktu itu gratis, namun bermasalah. Penggantian menjadi we.id berbayar, namun lebih aman. Jadi, jika kawan-kawan ingin membuat blog seperti blog Elektronika Bersama ini, silahkan kunjungi situs Blogger.com.

Itu tentang Blogger, bagaimana dengan pinguin dan Linux Inside? Ini berkaitan dengan sistem operasi atau OS komputer yang saya gunakan. Semenjak membuat blog ini, Oktober 2010, saya menggunakan OS Linux, tepatnya Linux Mint. Kenapa harus menggunakan Linux, bukan Windows?

Linux open sourceBagi saya Linux lebih powerful dan lebih berkah. Proses instalasinya cepat, dapat menggunakan USB flash disk, beragam aplikasi telah tersedia, tampilannya nggak kalah elegan, tidak khawatir virus, male ware, dan program-program komputer jahat lainnya terutama saat menjelajah internet, dan yang paling penting bebas lisensi, karena sifatnya yang open source. Kawan-kawan yang ingin mendapatkan Linux Mint silahkan download langsung melalui situs resminya Linuxmint.com.

Terakhir saya berharap, mudah-mudahan tulisan saya melalui blog, Belajar Elektronika dan Listrik: dasar, teori dan perhitungan, bermanfaat dan mendapat keberkahan, amin.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

3 komentar

  1. Tak saya sangka ada pelajar elektro membuat blog Linux, dan membahas elektro di dalamnya. Semoga barakah, Kang. Semoga Allah menjaga kita agar istiqamah menggunakan wasilah-wasilah yang halal.

    BalasHapus
  2. Amin, kang Ade.
    Saya mendoakan kang Ade selalu diberikan kemudahan-kemudahan dalam menjalankan urusannya, dan semoga pengguna software-software komputer, khususnya di Indonesia, banyak yang memakai Open Source atau Linux OS

    BalasHapus
  3. Amin. Terima kasih banyak, Kang. Semoga doa ini kembali kepada yang memanjatkannya.

    Ini salinan jawaban saya:

    -------------------------------------

    Alhamdulillah, saya ikut bahagia. Apalagi akang jadi semangat pakai FOSS. Wah, sebuah kegembiraan yang agung. Amin, semoga doa yang mulia ini kembali kepada yang memanjatkannya.

    Mengapa tidak jalan dari menu? Pertama, akang perlu tahu sistem kerja menu kita. Si menu, sebenarnya hanyalah shortcut menuju shell script Otodidak di jeroan Linux. Nah, inilah isi berkas shell script otodidak:

    #/bin/sh
    java -jar /usr/lib/otodidak/otodidak.jar

    Apa yang menjadi masalah? Seandainya akang pakai yang formatnya JAR, maka ia hanya bisa dijalankan dari folder (klik 2 kali) atau dari Terminal. Kalau yang DEB, semestinya langsung bisa dari menu. Kalau tidak bisa jalan, ini masalah baru. Saya butuh informasi error dari Terminal akang. Mohon maaf, ini keterbatasan ilmu saya. Saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini.

    Apa perintah akang untuk menjalankannya?

    BalasHapus

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir