headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Keadaan di rumah kita kalau PLN terjadi gangguan dan mematikan listrik, lalu beberapa menit atau jam kemudian, menghidupkan kembali listrik, maka peralatan listrik seperti lampu, kulkas, tv, akan langsung menyala. Pernah Anda membayangkan bila keadaan mati hidup listrik tersebut di sebuah pabrik? Apa yang akan terjadi? Apakah lampu, mesin, motor, kompresor akan langsung menyala?

Kalo untuk urusan lampu, saya kira sama saja, akan langsung menyala, karena menggunakan jenis saklar yang sama. Kalo untuk mesin, motor, kompressor tidak akan begitu. Kenapa? Ya, betul karena menggunakan jenis saklar yang berbeda. Lalu, apa perbedaan saklar di rumah dengan di pabrik?

Mayoritas saklar di rumah menggunakan jenis saklar latching atau saklar yang mengunci, bila kita tekan, saklar tersebut akan mengunci dalam keadaan ON atau OFF. Mayoritas saklar di pabrik menggunakan jenis saklar non latching atau saklar yang tidak mengunci, bila kita tekan, saklar tersebut akan ON lalu kita lepaskan, maka saklar akan OFF atau sebaliknya, bila kita tekan, saklar tersebut akan OFF lalu kita lepaskan, maka saklar akan ON. Seperti saklar bel pintu, atau istilahnya push button switch.

Kalo timbul pertanyaan, bagaimana saklar yang tidak mengunci tersebut ko bisa menjalankan mesin terus menerus? kenapa harus saklar non latcing? Pertanyaan ini sama dengan pertanyaan yang saya alami dulu, hehe. Bukankah kalo saklar bel pintu ditekan, maka belnya akan bunyi, dan kalo dilepaskan akan diam, tidak terus menerus bunyi? Ya, betul, kan itu di rumah, hehe.

Kondisi di sebuah pabrik

Dalam pabrik, mesin mempunyai sistem kontrol untuk menggerakannya, dan saklar yang tidak mengunci seperti yang kita bahas di atas, terdapat dalam sistem kontrol tersebut, ini alasan pertama. Kedua (kaya hutbah aja, hehe) safety atau keamanan, bagaimana bila tiba-tiba mesin berjalan saat operator sedang lengah? Bisa jadi celaka, dan ini hal yang harus dihindari. Ketiga, mengurangi inrush current, bagaimana bila tiba-tiba 10 mesin hidup serempak? Anjlok main breaker atau bahkan bisa jadi jebol trafo PLN, ini juga harus dihindari. Keempat, kelima dan seterusnya, PR buat Anda, hehehe.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir