headerphoto

Posting atau artikel yang diterbitkan kali ini, belajar tentang bagaimana cara mensiasati lonjakan daya awal listrik PLN, ketika lampu menyala kembali setelah terjadi pemadaman listrik oleh perusahaan listrik milik negara tersebut.

Untuk mensiasati lonjakan arus listrik yang cukup besar, intinya adalah kita bisa memasang sebuah rangkaian listrik penunda waktu, yang akan memperlambat aliran listrik PLN masuk kedalam beban-beban listrik pada tempat tinggal kita.

Rangkaian listrik sederhana atau wiring diagramnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini

delay_setrum_pln
Keperluan alat:
  1. B1 = MCB yang berasal dari meteran
  2. B2 = MCB tambahan
  3. T1 = Timer On Delay 220 VAC
  4. #1 = Magnetic Contactor 220 VAC
Catatan: poin 1 dan 2, sudah tersedia di rumah-rumah yang terpasang jaringan listrik PLN. Jadi yang diperlukan hanya poin 3 dan 4 saja.

Cara kerja:
  • Tegangan listrik 220 VAC sumber PLN dinotasikan dengan kawat L (line atau setrum) dan N (neutral atau netral)
  • Dalam kondisi kerja kontak MCB B1 dan B2 akan menutup
  • Ketika PLN menghidupkan kembali aliran listrik, setelah terjadi pemadaman, maka arus akan mengalir melalui kawat L dan menghidupkan timer T1
  • Beban-beban listrik, seperti: lampu, kulkas, TV, kipas angin, dsb tidak akan hidup dalam kondisi diatas, dikarenakan kontak terbuka Contactor #1
  • Setelah waktu tunda timer T1 tercapai (misalkan 5 detik), maka kontak terbuka Timer ini atau T1 akan menutup dan menghidupkan Contactor #1
  • Dengan hidupnya Contactor #1, maka kontak terbukanya akan menutup, sehingga aliran setrum PLN akan masuk dan menghidupkan beban-beban listrik.

Saya ucapkan terima kasih kepada saudara Yeyen Firmansyah atas masukan ide postingan ini, yang beliau sampaikan di artikel Bagaimana Caranya Timer On Delay Berfungsi Sebagai Timer Off Delay?
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Diskusi elektronika dan listrik melalui aplikasi Telegram. Silahkan baca di

Ayo Gabung Grup Telegram Diskusi Elektronika Dasar

Tidak ada komentar

No spam, no active link, please ^_^