headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Arus listrik dapat menghasilkan sebuah medan magnet (disebut dengan peristiwa elektromagnet) dan hal sebaliknya juga berlaku, medan magnet dapat menghasilkan arus listrik (disebut dengan peristiwa induksi).

Jika suatu medan magnet bergerak memotong penghantar yang diam, maka pada penghantar itu akan diinduksikan gaya gerak listrik (ggl). Jika penghantar itu merupakan bagian dari suatu rangkaian tertutup, maka ggl yang diinduksikan akan menyebabkan adanya aliran arus.

Pada gambar dibawah, sebuah magnet batangan yang digerakkan masuk ke dalam sebuah kumparan menginduksikan gaya gerak listrik pada kumparan.

induksi-gayageraklistrik-ggl
Arus akan mengalir dan beda tegangan akan dihasilkan hanya ketika magnet berada dalam keadaan bergerak. Apabila kita membiarkan magnet diam, arus akan berhenti. Apabila kita menggerakkan magnet keluar dari kumparan (atau menarik kembali), maka arus akan mengalir ke arah yang berlawanan.

Perhatikan gambar diatas, bahwa arus akan mengalir ke arah yang sama dengan arah aliran seperti yang terlihat pada gambar pembahasan elektromagnet (lihat disini). Hal ini berarti bahwa arus induksi menghasilkan medan magnet dengan kutub utaranya berada di ujung kumparan yang terdekat dengan magnet. Medan magnet induksi ini berupaya untuk menolak magnet dan menghentikan gerakan magnet memasuki kumparan.
Ingat, sifat magnet: kutub-kutub sejenis saling tolak menolak dan kutub-kutub yang berlawanan saling tarik menarik

Medan magnet induksi akan selalu melawan arah gerakan magnet. Ketika kita menggerakkan magnet keluar dari kumparan, arus akan berubah dan demikian pula arah medan magnet. Sekarang, kutub selatan medan magnet induksi berada di dekat kutub utara magnet. Kutub-kutub yang berlawanan saling tarik menarik. Dengan demikian, terdapat sebuah gaya yang berupa mencegah kita menggerakkan magnet menjauhi kumparan.

Kemana pun arah kita menggerakkan magnet, terdapat gaya yang melawan pergerakkan tersebut. Kita harus melakukan kerja otot ekstra untuk dapat menggerakkan magnet. Energi tambahan yang kita gunakan ini akan dikonversikan menjadi gaya gerak listrik atau timbul beda tegangan, diantara ujung-ujung kawat kumparan.

Komponen atau alat yang bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnet, contohnya adalah trafo.

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

Tidak ada komentar

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir