headerphoto

Kolom Pencarian

Memuat...

Nilai kapasitansi seringkali dicetak pada badan kapasitor, akan tetapi karena tidak terdapat cukup ruang pada badan kapasitor-kapasitor berukuran kecil, nilai-nilai kapasitansi ini harus dikodekan.


Kode yang digunakan terdiri dari tiga digit. Dua digit pertama kode adalah dua digit pertama dari nilai kapasitor yang bersangkutan, dalam satuan pikofarad (pF). Digit ketiga merepresentasikan jumlah angka nol yang terdapat di belakang kedua digit tadi.

Contoh soal 1:
Berapakah nilai kapasitansi kapasitor yang terlihat pada gambar diatas?

Penyelesaian:
Seperti yang telihat, kapasitor memiliki kode 104, berarti bahwa 10 diikuti dengan 4 buah angka nol di belakangnya. Dengan menggunakan nilai konversi satuan, maka
C = 100000 pF
C = 100 nF
C = 0,1 µF

diperoleh nilai kapasitor pada gambar diatas adalah 0,1 µF

Contoh soal 2:
Berapakah nilai kapasitor dengan kode 223, 122, dan 471?

Penyelesaian:
  1. Kode 223 berarti bahwa 22 diikuti dengan 3 buah angka nol di belakangnya. Nilai ini adalah 22000 pF, sama dengan 22 nF
  2. Kode 122 berarti bahwa 12 diikuti dengan 2 buah angka nol di belakangnya. Nilai ini adalah 1200 pF, sama dengan 1,2 nF
  3. Kode 471 berarti bahwa 47 diikuti dengan 1 buah angka nol di belakangnya. Nilai ini adalah 470 pF, sama dengan 0,47 nF

Next→
←Prev

Baca Lagi...

Share

FB-share Facebook - Twitter-share Twitter -

Gabung Grup Diskusi Elektronika Dasar

Caranya ketik:
Daftar Diskusi Elektronika - Nama - Usia - Pekerjaan - Domisili

contoh:
Daftar Diskusi Elektronika - Zaldi Hardiyanto - 35 - Karyawan - Bogor

Kirim ke no WhatsApp WA 0812-1070-518

Dapatkan Update Artikel via Email

Cek di inbox, lalu klik link konfirmasi

36 komentar

  1. Kenapa satuannya selalu pikofarat, ada gak yg langsung nanofarat ...

    BalasHapus
  2. Ada bos, namun kemasannya berbeda

    BalasHapus
  3. numpang nanya nih,sya serung ngoprek elektro,cuma sya msih bingun dgn cara menentikan nilai C,ad C yg nilainya tuh suka dibarengi dgn hrup,cntohnya hrup K,M,J dan msih bnyak lg mungkin yg saya lum ktahui,mksud dri hurup2 tu ap yah?mhon pencerahanya mas.

    BalasHapus
  4. Nilai dengan menggunakan huruf seperti K, M atau yang lainnya merupakan nilai kode cetak pada kapasitor, seperti halnya nilai Kode Cetak pada Resistor, lihat di

    http://www.elektronikabersama.web.id/2011/05/kode-cetak-pada-resistor.html

    BalasHapus
  5. mas sya sering bhkan semua regulator tu pke elco yg di seri 2bji,bukan kah C yg d seri tuh nilainya mkin kecil mas?tlong penjelasanya mas.

    BalasHapus
  6. Dua buah kapasitor atau elco yang dihubung secara seri, menghasilkan nilai kapasitansi (C total) yang lebih kecil dari nilai elco yang paling kecil.

    Lihat di Kapasitor-kapasitor dalam Hubungan Seri
    http://www.elektronikabersama.web.id/2011/05/kapasitor-kapasitor-dalam-hubungan-seri.html

    Perlu diingat! :c:
    Nilai total atau nilai ekivalen, rangkaian seri elco berbanding terbalik dengan rangkaian seri resistor.

    BalasHapus
  7. mas mw nanya lg nih,sya suka merakit skema dr mbah google,dr skema ad smbol C tu cuma ad nilainya z!saya g tw tu jnis ap,keramik,milar or ap C tu yg jlas non polar mas!yg jd prtanyan saya yg warna biru tu C jnis ap ya mas?ap sma m keramik?

    BalasHapus
  8. Borongan nih :n: tapi nggak apa-apa..

    Setahu saya masalah warna pada bodi kapasitor itu tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Kapasitor bernilai 100 nF berwarna hijau dengan yang berwarna biru, secara nilai sama, secara harga akan berbeda, secara kualitas akan lain.

    Perbedaan ini terasa bila kita merakit sebuah rangkaian yang cukup sensitif terhadap bahan komponen, seperti merakit Audio Amplifier, suara yang di produksi akan terasa berbeda, coba gera....

    BalasHapus
  9. ups....ko agan bsa bhsa sunda geuning?timana kawit kitu kang?

    BalasHapus
  10. Katingal tina namina oge, Caang, pan bahasa Sunda tateh. Kawit abdi mah ti Bandung, mung tos 12 taun ieu ngarantau ka Bogor, tingali atuh tab Penulis

    http://www.elektronikabersama.web.id/2010/10/sang-penulis.html

    Ari akang Joebae kawitna timana?

    BalasHapus
  11. dikira caang tu nama pangilan dr nama akng sndri gtu,ya kw d ambil dr bhasa sunda sh mang ya sya tw bgt krna sya juga asli sunda,sya dri kuningan kang!oy kng sya msih bingung dgn cara menghtung C nh,cntoh ad C yg nilainya tuh 101,102,103,104 bhkan mungkin msaih bnyak lg ya kang?
    C = 100000 pF
    C = 100 nF
    C = 0,1 µF
    angka2 di ats tu jdnya
    101=100
    102= 1000
    103= 10000
    104= 100000
    kang apakah 101 tu nilainya 100 nano= 0,1uf?gmna dgn yg lainya kang 102 dan sterusnya?maf kang loba nanya mklun ank SD.

    BalasHapus
  12. 101=100 pF
    102= 1000 pF
    103= 10000 pF
    104= 100000 pF

    Itu semua satuannya pikoFarad, dibaca sing taliti atuh artikelna :h:

    BalasHapus
  13. mhun euy,ai tos naros bru kebaca tulisanya!tp kdang saya tuh suka bingung kang,sya suka ngambil skema2 dr mbah google,tp rata2 dalam skema tu C nya tuh suka g d sbutin jnis apa nya,cuma nilainya z!pdhal kan jnis C tu bnyak bgt kan?kw elco sih suka di kasi + dan - nya jd gmpang!trus aya deui kang,sya bpa sya tkang servis pompa air,dstu ad C yang fsiknya tu bsar bda dgn C yg ad di rangkaian2 elektronik tu C jnis ap lg kang?ap bsa d gnti dgn C yg suka ad d rangkaian2 elektronik?dgn catatan Volt dan nilainya sma,mhon ptunjuknya kang.

    BalasHapus
  14. Waduh nu C eta urang teh poho :e: naonnya jenisna, tanya deui we atuh ka mang Google.
    Setahu saya emang banyak kapasitor yang dirancang untuk keperluan khusus, ya seperti kapasitor motor pompa air, kapasitor bank dsb. Terus apa bisa diganti kapasitor-kapasitor tersebut dengan kapasitor yang biasa ada pada rangkaian elektronik? Ya, kalo untuk coba-coba sih bisa aja, tapi siap-siap we mun ngke ngebul atawa ngabelegug :f:

    BalasHapus
  15. ahahah ay2 wae akang mah!tp sya pkir g bsa ya kang?so kw bsa,pbrik g akan bkin yg bsar kya gtu!oy kang kmaren2 sya mampir ke slah 1 blog elektronik juga,dstu ad yg namanya capasitor bank,gunanya tuk menghemat listrik d rumah kita,ap tu bnar kang?so sya cri tw lg ko ad 2 versi?sbgian org bilang tu bhong,tp sbagian org bilang lg tu benar!bgi yg awam seperti saya kang tu membuat sya bingung bgt,yg mana yg bnarnya?mnrut akng sendri yg ahli capasitor tu gmna kang?

    BalasHapus
  16. "..akang sendiri yg ahli capasitor.." huhui :f: ahli dari hongkong.

    Saya punya materi mengenai capasitor bank dan saya juga pernah menggunakan kapasitor bank. Bagaimana pendapat saya tentang kapasitor bank?beurat pertanyaanna euy :n:

    Gini aja, capasitor bank berfungsi untuk memperbaiki atau mengoreksi faktor daya listik (nah lieur pan!).

    Untuk digunakan di pabrik atau dunia industri, cocok menggunakan alat ini, tapi kalo untuk di rumah, kurang pas. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya beban-beban listrik yang bersifat induktif, seperti motor, solenoid coil, ballast lampu dsb. Hitung ada berapa banyak beban-beban tadi di pabrik coklat dan di rumah kita? Nah, capasitor bank memperbaiki faktor daya beban induktif.

    Insya Alloh ada postingan mengenai capasitor bank, nantikan segera :d:

    BalasHapus
  17. nuhun pisan kang penjelasana yeuh,sya hobies elektro,cuma syang sya g skolah jd we rada2 bingung mun d ksi rumus2 teh!pdahal tu kan penting bgt tuk yg hobi elektro sperti sya ya kang?

    BalasHapus
  18. numpang nanya

    1µF=?nF=?pF

    tolong cpet di bantu

    soalny buat tugas sekolah

    BalasHapus
  19. 1 µF = 10^3 nF = 1000 nF
    1 µF = 10^6 pF = 1000000 pF

    ok :c:

    BalasHapus
  20. Mondar mandir gw cari cara ngukur capasitor non polar(mika/kramik/miler) jawannya sama, spt mengukur cap. polar....gw beli baru gw ukur pake tester anolog dan digital...ngga bergerak jarumnya tuh...kalo bergerak kata yg punya toko itu namanya putus...yg bener yg mana sih????...

    BalasHapus
  21. Ngukur kapasitor yang bener? harus dipastikan alat ukurnya, baik yang analog maupun yang digital(saya biasanya menggunakan multi tester digital) memiliki fasilitas pengukuran kapasitor.

    BalasHapus
  22. bagaimana konversi nilai kapasitor dengan jumlah voltase input yg dapat ditampung oleh kapasitor trsbt

    BalasHapus
  23. butuh rumusan kapasitor bank dalam merancang power factor industri hingga mncapai cos q 0,99
    dan cara konversinya

    BalasHapus
  24. Nah ini nih, pertanyaan super!

    Saya kira jawabannya ga cukup disini perlu posting khusus, insya Alloh akan saya terbitkan nanti. Di bookmarks aja deh kang Agus atau follow (email/twitter), biar tahu posting nya telah terbit.

    BalasHapus
  25. Kalau menghitung
    berapa keperluan Elco pada power Supplay gimana Bos? Tks
    contoh : Travo 1Amp , Teg 30V--- Elco = micro(µf)?

    BalasHapus
  26. Menghitung elco untuk power supply, yang paling penting perhatikan tegangannya.
    Tegangan kerja elco harus lebih besar dari tegangan power supply, misalkan tegangan power supplynya 30 V, maka tegangan elconya harus lebih besar dari 30 V, ambil misalkan yang 50 V.
    Untuk kapasitansinya, berdasarkan pengalaman saja, 1000 uF juga sudah cukup, lebih besar ya lebih baik :h:

    BalasHapus
  27. duh ahli pisan tah akang caang teh di elektro,abdi ge resep ka eloktro teh hoyong tiasa,nu penting mah tiasa servis tv weh bisa teu akang mamatah aby dsr raparasi tv ti dasar kang ?

    BalasHapus
  28. Kang Jemi, punten, saya mah bukan ahli, hanya sekedar tahu lebih dulu dari akang :l:
    Alhamdulillah, kalo kang Jemi suka elektronika juga. Dah pernah coba pasang modul mp3 player pada perangkat audio can? sok utak-atik resep gera
    Pasang USB/MMC/SD Card MP3 Player pada Tape Deck Polytron
    http://www.elektronikabersama.web.id/2013/01/pasang-usbmmcsd-card-mp3-player-pada.html
    Soal serpis tv, hmmm, akang pasti lebih dulu tahu dari saya, hehe

    BalasHapus
  29. kalo kapasitor yang tulisannya 2A303J itu apa artinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitor dengan marker 2A303J, kita baca yg 303 aja.
      -----
      Kode 303 berarti bahwa 30 diikuti dengan 3 buah angka nol di belakangnya. Nilai ini adalah 30000 pF, sama dengan 30 nF

      Hapus
  30. gan kalo 0,0018 mfd di kapasitor kodenya brapa..? maaf newbie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0,0018 mfd disini mili atau mikro om?
      kalo saya nulis mili Farad dengan mF dan mikro Farad dengan uF.
      -----
      0,0018 mfd = 0,0018 mili Farad = 1,8 mikro Farad = 1800 nano Farad = 1800000 piko Farad, maka kodenya
      185

      Hapus
  31. gan maaf nanya lagi, ane mau bkin rangkaian pengganda tegangan, kalo dioda yg dipake 1N4007 kira" kapasitor apa saja yg bisa dijadiin pasangannya..maksud ane ukuran kapasitornya..kan misalnya pake kapasitor yg 0,0018 mF, apa bisa diganti yg laen.?.maklum di tempat ane kapasitor yg dijual terbatas...makasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komponen harus disesuaikan dgn gambar di rangkaian, karena hal tsb sdh diperhitungkan.
      kalo ternyata tidak ada komponen yg serupa dgn kebutuhan di rangkaian, maka ambil yg mendekati saja, bulatkan ke atas

      Hapus
  32. Maap mas saya numpang nanya
    kalau C 1uf persamaan R berapa mega ohm...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada persamaan nilainya mas
      C atau kapasitor, dan R atau resistor adalah dua komponen yg berbeda

      Hapus

:tanbih: Lihat komentar terakhir dan cara menampilkan emoticon WhatsApp dalam komentar di :kanan: 20 Komentar Terakhir